Share

Terungkap Rencana Besar Penutupan Bandara Halim demi KTT G20 di 2022

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Senin 08 November 2021 13:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 08 320 2498417 terungkap-rencana-besar-penutupan-bandara-halim-demi-ktt-g20-di-2022-NugzI2uAae.jpg Bandara Halim (Foto: Okezone)

JAKARTA - Revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma diprediksi dilakukan untuk menyambut KTT G20 yang direncanakan akan digelar tahun 2022 mendatang. Hal ini disampaikan oleh Pengamat penerbangan Arista Admadjati.

"Saya kira revitalisasi (Bandara Halim) ini terkait dengan persiapan Indonesia menjadi tuan rumah KTT G20. Ini perbincangan di kalangan pengamat,” ujar Pengamat Penerbangan Arista Admadjati saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Senin (8/11/2021).

Kemudian kata dia berbagai persiapan tersebut termasuk salah satunya yakni pembagunan infrastruktur untuk persiapan berbagai logistik pada event kolaborasi KTT G20 2022 tahun depan.

Baca Juga: Bandara Halim Akan Ditutup 9 Bulan

"Nanti kan ada tokoh-tokoh ternama missal Presiden AS Joe Biden yang akan datang ke Indonesia, ada pejabat lain dan tamu penting lainnya dan Bandara Halim akan difungsikan kemudian pesawat ada beberapa difungsikan sebagai pengamanan logistik kan," paparnya.

Meski serangkaian KTT G20 dipusatkan di Bali, Akan tetapi pemerintah tengah bersiap menyambut berbagai aspek logistik dan penerbangan.

Baca Juga: Bandara Halim Ditutup, Kemenhub: Tergantung

"Meskipun acara KTT nya di Bali tapi kan persiapan tak hanya Bali pasti, dulu APEC banyak pesawat keperintahan yang diparkirkan di Halim. Raja Salman  dari Arab Saudi itukan pesawatnya ada di  Bandara Halim dan pendukung logistiknya (makanan)," paparnya.

Ia mengatakan selain Bandara Halim menjadi bandara Alternatif jika pesawat landing di Jakarta.

"Selain Bandara Soekarno Hatta juga Badara Kertajati dan Bandung juga, karena musim hujan tapi kan pengerjaannya ada kendala karena cuaca dan lainnya maka penerbangan dialihkan, jadi nanti saling mengandalkan," pungkasnya.

Dia menyebut revitalisasi Bandara Halim memang seharusnya dilakukan. Hal ini dikarenakan bandara halim ini sudah berumur dan harus sudah diperbaiki beberapa sarana prasaranya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini