Share

Bahlil Bujuk Volkswagen dan BASF Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di RI

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 11 November 2021 21:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 11 320 2500469 bahlil-bujuk-volkswagen-dan-basf-bangun-pabrik-baterai-mobil-listrik-di-ri-maFASiB6HP.jpg Menteri Investasi Bahlil (Foto: Setkab)

JAKARTA - Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menyebut ada sejumlah investor dari Eropa melirik untuk mengalirkan investasi terkait pembangunan pabrik baterai mobil listrik di Indonesia.

Adapun, aliran investasi baterai mobil listrik dari Jerman, khususnya Volkswagen dan BASF.

"Kemarin saya baru pulang dari Jerman, bicara dengan Volkswagen dan BASF, mereka konfirmasi masuk ke Indonesia dan menjadi bagian rantai pasok untuk baterai mobil listrik. Mereka masuk pada bagian rantai pasok hilir, bukan hulunya. Ini yang akan memerlukan kolaborasi. Ke depan, ini jadi target kami," ujar Bahlol dalam video virtual, Kamis (11/11/2021).

Baca Juga: RI Kebanjiran Investasi Rp210 Triliun dari Dubai

Dia menjelaskan investasi tidak bisa dilakukan sesuai skema yang diminta calon investor. Hal ini dikarenakan pemerintah ingin pabriknya ada di dalam negeri, sehingga dapat memberikan manfaat ekonomi yang lebih besar bagi Indonesia.

Tapi sebagian baterai sel-nya tidak di Indonesia, karena baterai sel-nya akan dibangun di dekat pabrik mobilnya," katanya.

Baca Juga: Bahlil Ingin Jumlah Pengusaha RI Naik Jadi 6%

Dia menambahkan rencana Foxconn, l untuk berinvestasi di Indonesia. Adapun, komitmen sudah dikantongi dan akan segera ditindaklanjuti untuk penandatanganan nota kesepahaman. Namun, belum ada jadwal dan besaran nilai rencana investasi tersebut hingga saat ini.

"Kita sudah tanda tangan kesepakatannya tetapi belum dalam bentuk MoU. Yakin mereka masuk, tapi kami belum bisa umumkan secara detail. Mudah-mudahan tahun ini," tandasnya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini