Share

6 Fakta Kehebohan Uang Pecahan Rp1 Juta

Ahmad Hudayanto, Jurnalis · Sabtu 13 November 2021 05:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 12 320 2500705 6-fakta-kehebohan-uang-pecahan-rp1-juta-4Lerjnb57O.jpg Viral Uang Rp1 Juta. (Foto: Okezone.com/TikTok)

JAKARTA – Beberapa waktu yang lalu beredar video yang diduga uang pecahan Rp1 juta menghebohkan media sosial.

Dalam video tersebut menampilkan gambar uang dengan nominal 1.0 dan bertuliskan Perum Peruri Specimen.

Banyak warganet yang menduga gambar uang tersebut merupakan uang pecahan Rp1 juta. Hal tersebut juga menuai banyak komentar.

Berikut fakta uang pecahan Rp1 juta yang membuat heboh Indonesia.

1. Berawal dari Video TikTok

Belum lama ini video TikTok yang memperlihatkan seorang pengguna memamerkan uang pecahan baru bernilai Rp1 juta, viral di media sosial. Pemilik akun TikTok @wandyskay membagikan cerita ia memiliki uang pecahan baru dari Bank Indonesia.

Baca Juga: Heboh Uang Pecahan Rp1 Juta, Ternyata Cuma Spesimen

Uang kertas tersebut disebut sebagai uang pecahan untuk nominal Rp1 juta. “Uang pecahan 1 jeti, hayo udah ada yang punya belom?” tulis keterangan video.

2. Pernah Dicetak Peruri

menurut catatan Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri), lembar kertas tersebut pernah dicetak. Namun dalam bentuk house note atau spesimen.

Baca Juga: Viral Uang Pecahan Rp1 Juta Bisa Jadi Alat Pembayaran? Ini Kata BI

3. Hanya Untuk Kepentingan Internal

Kepala Dapartemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono mengatakan, gambar uang tersebut merupakan uang dalam rangka uji cetak Perum Peruri dan hanya untuk internal Peruri

4. Bukan Alat Pembayaran yang Sah

Perlu diketahui house note merupakan uang yang tidak dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang sah karena tidak memiliki ciri-ciri uang Rupiah seperti yang tertuang dalam Undang-undang (UU) Mata Uang Nomor 7 Tahun 2011.

"Dengan demikian uang dalam video tersebut bukan merupakan uang Rupiah dan bukan merupakan alat pembayaran yang sah," kata Erwin saat dihubungi Okezone, 10 Mei 2021.

5. Uang Rupiah Hanya Dikeluarkan oleh BI

Erwin Haryono juga menegaskan bahwa BI merupakan satu-satunya lembaga yang berwenang untuk mengeluarkan dan mengedarkan uang rupiah yang sah di seluruh Indonesia.

6. Tanggapan Netizen

Video yang beredar di TikTok itu pun memancing komentar beragam dari warganet. Ada pengguna yang tak tertarik dengan uang pecahan tersebut, tetapi ada juga yang khawatir jika bisa benar-benar memilikinya.

Meski begitu, terdapat netizen yang rupanya mengetahui kebenaran di balik kertas ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini