Share

Ancaman Ekonomi di 2022, Menko Airlangga: Seperti Tikungan di Sirkuit Mandalika

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 18 November 2021 12:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 18 320 2503703 ancaman-ekonomi-di-2022-menko-airlangga-seperti-tikungan-di-sirkuit-mandalika-aQaGhSRoVb.jpg Menko Perekonomian Airlangga (Foto: Dok Kemenko Perekonomian)

JAKARTAPemerintah terus mewaspadai ancaman yang dapat menekan perekonomian Indonesia. Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato ancaman ini baik dari global maupun dalam negeri.

Kemudian, kata dia, ekonomi tahun depan akan banyak memiliki tikungan yang tajam seperti sirkuit Mandalika.

"Walau masih ada tikungan, tapi kalau tikungan itu seperti sirkuit Mandalika mendorong adrenalin. Tikungannya adalah Covid-19 dan variannya. Nanti Covid biar Menteri Kesehatan yang memitigasinya. Kemudian dari sisi geopolitik, kita tahu sudah ada pembicaraan antara China dengan AS, di mana ini pertanda baik," kata Airlangga dalam video virtual, Kamis (18/11/2021).

Baca Juga: Menko Airlangga Minta Sri Mulyani dan BEI Siapkan Aturan Perdagangan Karbon

Dia menjelaskan ekonomi yang sehat adalah dengan penangana yang baik. Lantaran ini waktu untuk melakukan kesempatan emas atau golden moment Indonesia untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi. Salah satunya adalah kestabilan politik yang bisa mendukung ekonomi Indonesia.

Baca Juga: Menko Airlangga: Presidensi G20 Jadi Momentum Pemulihan Ekonomi

"Kestabilan politik kita lihat agenda politik akan terjadi pada tahun 2024, dan akan masuk pada 2023. Ini menjadi Golden moment untuk menggenjot pertumbuhan di tahun 2022," katanya.

Dia menambahkan sejumlah indikator perbaikan ekonomi makin solid saja seperti Indeks Keyakinan Konsumen per Oktober 2021 sudah masuk dalam fase optimis atau berada pada angka 113,4, lebih tinggi dibandingkan 95,5 pada September 2021.

"Selanjutnya penjualan eceran juga sudah naik ke 5,2 sehingga tentu dari segi sisi itu kita terlihat cukup baik. Kemudian kita lihat PMI Manufaktur juga sudah berada pada 57,2," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini