Share

IPO, Mitratel (MTEL) Jadi Emiten ke-41 Tahun Ini

Anggie Ariesta, Jurnalis · Senin 22 November 2021 08:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 22 278 2505371 ipo-mitratel-mtel-jadi-emiten-ke-41-tahun-ini-hmskZniGvW.jpg IPO Mitratel di BEI. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk atau Mitratel melakukan penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini. Emiten dengan kode saham MTEL akan menjadi perusahaan tercatat ke-41 di BEI pada tahun ini.

Mitratel merupakan perusahaan menara telekomunikasi terbesar di Indonesia dalam jumlah menara telekomunikasi yang dimiliki dan dikelola. Seluruh operasi Perseroan berjalan dan dioperasikan secara independen.

Baca Juga: Produsen Cat Tembok Avian Mau IPO, Bidik Rp5,7 Triliun

Selain itu, Perseroan melalui model bisnisnya juga menikmati manfaat sinergistik dengan menjadi anggota dari Grup Telkom. Layanan Perseroan dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori, yakni Penyewaan site, Reseller dan Layanan lainnya.

Adapun Mitratel akan melepas harga penawaran sebesar Rp800 per saham dengan melepaskan sebanyak 229 juta saham baru dengan nilai nominal Rp228 setiap saham, yang mewakili 27,63 persen dari modal disetor setelah penawaran umum perdana saham. Perolehan dana IPO yang akan didapatkan Perseroan sebesar Rp18,34 triliun.

Baca Juga: IPO, Widodo Makmur Perkasa Bidik Rp1,83 Triliun

PT BRI Danareksa Sekuritas dan PT Mandiri Sekuritas bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek dari IPO Mitratel. Nantinya, dana hasil hasil IPO, akan digunakan perseroan untuk modal usaha dan ekspansi bisnis sebesar 44%..

Sebagai informasi, IPO Mitratel merupakan IPO perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pertama dalam kurun waktu 8 tahun terakhir. Di tahun 2013, perusahaan BUMN yang melaintai di BEI adalah PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR).

Dengan dilaksanakannya IPO, maka Mitratel berpeluang mencapai kapitalisasi pasar Rp 68,43 triliun. Angka ini merupakan yang terbesar dibanding dua perusahaan sejenis yang ada di BEI, yakni PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) dan PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG). 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini