Share

Keuntungan UMKM Punya Sertifikasi Halal

Zikra Mulia Irawati, Jurnalis · Senin 22 November 2021 08:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 22 320 2505380 keuntungan-umkm-punya-sertifikasi-halal-Xu9Sx5xKyZ.jpg Sertifikat Halal UMKM. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah terus mensosialisasikan sertifikasi halal kepada pelaku UMKM. Mengingat Indonesia mayoritas berpenduduk muslim, hal ini akan menjadi nilai tambah produk untuk menarik konsumen.

Sertifikasi ini dapat diikuti UMKM besar maupun UMKM kecil. Namun, tentu akan ada perbedaan jangka waktu untuk melakukan proses audit produk milik keduanya.

Baca Juga: Urus Sertifikat Halal UMKM Kini Lebih Mudah dan Cepat

“Kalau misalnya auditnya cepat, itu satu hari dilakukan audit itu bisa langsung dilaporkan. Ndak usah lama. Nanti baru bergerak ke MUI dan seterusnya. Paling ada beberapa yang dalam waktu kemarin 15 hari, ada yang 10 hari udah selesai semuanya. Tergantung dari kondisi gitu. Kalau yang besar, menengah, ya susah,” kata Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal Kementerian Agama Mastuki dalam Special Dialogue Okezone, dikutip Senin (22/11/2021).

Baca Juga: Pentingnya UMKM Miliki Sertifikasi Halal

Kondisi susah yang ia maksud dikarenakan banyaknya produk yang harus diuji. Oleh satu pelaku usaha saja, produk yang dites bisa mencapai 100 bahkan 1.000.

“Ya, betul, ada 100, ada yang sampe 1.000 produk. Satu pelaku usaha besar-besar itu tentu butuh waktu juga,” sambungnya.

Dia menerangkan, Undang-Undang juga telah mengatur perpanjangan jangka waktu untuk auditor melakukan audit dalam sertifikasi halal. Perpanjangan itu diajukan kepada Badan Penyelenggara jaminan Produk Halal (BPJPH).

“Boleh menurut Undang-Undang meminta tambahan ke BPJPH. Berapa waktunya? Dikasih waktu dua kali lipat. 15 hari (ditambah) 15 hari, kalau ya memang tadi dalam kondisi tertentu, misalnya bahannya atau produknya belum clear ini diaudit. Itu bisa dengan catatan meminta tambahan waktu. Jadi kalo dihitung secara keseluruhan, 21 hari plus 10 hari atau maksimal 15 hari, itu sampe 35 atau 40 hari maksimal. Insya Allah,” terangnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini