Toilet di SPBU Pertamina Bayar Rp2.000, Ahok: Tanya ke Dirut

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Selasa 23 November 2021 10:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 23 320 2505989 toilet-di-spbu-pertamina-bayar-rp2-000-ahok-tanya-ke-dirut-XiS4D4xQGM.jpg Ahok soal Toilet Berbayar (Foto: Instagram/@btp)

JAKARTA - Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok buka suara soal permintaan Menteri BUMN Erick Thohir agar toilet di SPBU Pertamina gratis dan tidak berbayar.

Ahok meminta permasalahan toilet berbayar di SPBU langsung ditanyakan ke Direktur Utama PertaminaNicke Widyawati.

"(Silakan tanya) ke Dirut," ujar Ahok saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Jakarta, Selasa (23/11/2021).

Baca Juga: Heran Bayar Rp2.000, Erick Thohir Minta Direksi Pertamina Gratiskan Toilet di SPBU

Corporate Secretary Subholding Commercial And Trading Pertamina Irto Ginting mengatakan, pihaknya akan melakukan sosialisasikan kepada pemilik SPBU untuk meningkatkan layanan bagi masyarakat.

Layanan tersebut tidak hanya menyangkut fasilitas BBM, namun juga memastikan ketersediaan toilet secara gratis dan memperhatikan kebersihan dan kenyamanannya.

"Toilet merupakan salah satu bentuk layanan yang ada di SPBU. Kami akan sosialisasikan kembali ke para pemilik SPBU untuk meningkatkan layanan ke masyarakat," ujar Irto.

Menurutnya, sosialisasi bisa segera akan segera dilakukan dalam waktu dekat ini. "Diharapkan bisa segera," ungkap dia.

Sebelumnya, Erick mengaku heran karena toilet sebagai fasilitas umum di SPBU harus berbayar. Hal ini diungkapkan Erick lewat video yang diupload di instagram pribadinya @erickthohir.

Dalam video tersebut terlihat dia tengah berbincang dengan penjaga toilet umum di sebuah SPBU. Kepada penjaga tersebut, Erick mempertanyakan kenapa menggunakan toilet saja harus bayar.

"Kenapa engga gratis, ini kan fasilitas umum," tanya Erick kepada penjaga Toilet yang dijawab, "Saya kurang tau pak, saya cuma kerja di sini," ujarnya.

Lebih lanjut Thohir menanyakan pom bensin swasta itu milik siapa?. "Pom bensin swasta, sama yang punya dikontrak. Kalau ada yang mau pakai bayar 2 ribu, kalau mandi 4 ribu untuk perawatan. Kenapa engga gratis? ini kan fasilitas umum," tanya Erick.

Dalam unggahan tersebut, Erick menuliskan "pesan saya untuk rekan-rekan di Pertamina, dari toilet umum SPBU Pertamina, Kecamatan Malasan, Probolinggo. Sudah kewajiban BUMN memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat'.

Sambung Erick Thohir meminta kepada direksi Pertamina , bahwa semua fasilitas umum seperti toilet di SPBU harusnya gratis

"Saya mengharapkan fasilitas umum seperti ini harusnya gratis. Karena, kan sudah dapat dari jualan bensin, sudah gitu ada juga toko kelontong. Jadi masyarakat semestinya dapat fasilitas tambahan," ucapnya

"Saya minta direksi Pertamina perbaiki. Saya juga minta nanti seluruh kerja sama dengan pom bensin swasta yang kerja sama di bawah Pertamina, toiletnya semua harus gratis!," ungkap dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini