Presiden Jokowi soal Dampak Covid-19: Krisis Energi hingga Ketidakpastian Ekonomi

Michelle Natalia, Jurnalis · Rabu 24 November 2021 13:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 24 320 2506670 presiden-jokowi-soal-dampak-covid-19-krisis-energi-hingga-ketidakpastian-ekonomi-AUeEohC1uz.jpg Presiden Jokowi waspadai krisis energi (Foto: Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widod (Jokowi) mewaspadai krisis energi hingga ketidakpastian global. Jokowi mengatakan, hal tersebut adalah dampak dari 1,5 tahun Indonesia dilanda pandemi Covid-19.

"Yang sebelumnya hanya berpikir urusan kesehatan, menyelesaikan vaksinasi, tapi ternyata dampak dari pandemi ini ternyata melebar kemana-mana," ujar Jokowi dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (BI) secara virtual di Jakarta, Kamis(24/11/2021).

Baca Juga: Upaya Pemulihan Ekonomi, Negara Berkembang Masih Berjuang Dapat Akses Vaksin

Bahkan, dia mengatakan bahwa hampir di semua negara ada kelangkaan energi, kelangkaan kontainer, ada inflasi naik, dan kenaikan harga produsen yang imbasnya nanti akan masuk ke harga-harga di tingkat konsumen.

"Semuanya tidak pernah diprediksi sebelumnya bahwa efek pandemi ini masuk ke semua problem-problem yang tidak pernah kita perkirakan sebelumnya," ungkap Jokowi.


Namun, sambung dia, kita patut berterima kasih kepada jajaran Bank Indonesia (BI), jajaran pemerintah utamanya Kementerian Keuangan, OJK, dan LPS yang menurut Jokowi komunikasinya sangat baik.

"Saling mengisi, ada masalah kecil saja langsung ketemu, hal-hal pruden seperti itu yang harus kita teruskan dengan kehati-hatian karena memang ketidakpastian ada di mana-mana, sulit untuk dikalkulasi dan diukur," tambahnya.

Tetapi, kuncinya menurut Jokowi adalah bagaimana pemerintah bisa mengendalikan pandemi yang ada di negara Indonesia. "Karena masalahnya semakin kompleks, dan ketidakpastian dunia semakin tinggi," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini