Gunung Semeru Meletus, Ini Dampak ke Penerbangan

Ichsan Amin, Jurnalis · Sabtu 04 Desember 2021 18:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 04 320 2511922 erupsi-gunung-semeru-meletus-ini-dampak-ke-penerbangan-Z9viprjaV5.jpg Erupsi Gunung Semeru, Begini Kondisi Penerbangan ke Malang. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA- Kementerian Perhubungan menjelaskan soal penerbangan di tengah erupsi Gunung Semeru . Di mana erupsi Gunung Semeru mengakibatkan hujan abu di beberapa daerah Kabupaten Lumajang.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Novie Riyanto mengatakan, sektor penerbangan tidak berdampak akibat meletusnya Gunung Semeru di daerah Lumajang, Jawa Timur.

Baca Juga: Gunung Semeru Meletus, Cek Daftar Letusan Dahsyatnya Sejak 200 Tahun Lalu

“Hari ini kebetulan tidak ada penerbangan ke Malang, namun begitu kita sudah keluarkan Notice to Airman (NOTAM) untuk menghindari penerbangan ke daerah terdampak,” ujar Dirjen Novie kepada MNC Portal Indonesia, di Jakarta, Sabtu (4/12/2021).

Adapun penerbangan yang berdampak yang wilayah penerbangan ke arah selatan atau barat daya. “Ini anginnya ke arah barat daya, tapi kita sudah terbitkan NOTAM, semua menghindar ke rute Jawa Selatan,” ungkapnya.

Baca Juga: Gunung Semeru Meletus, Listrik di Wilayah Lumajang Padam

Dia menambahkan, pihaknya akan terus melakukan monitoring dengan berkoordinasi kepada semua pihak.

Sebagai informasi mengalami erupsi pada Sabtu sore (4/12/2021) sekitar pukul 15.00 WIB. Dari pantauan di Kabupaten Malang hingga kondisi Gunung Semeru memang tak terlihat. Namun dipastikan abu vulkanik tidak mengarah ke Kabupaten Malang.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini