Share

10 Saham yang Bisa Dibeli dari Perusahaan Orang Terkaya di Indonesia

Zikra Mulia Irawati, Jurnalis · Selasa 07 Desember 2021 10:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 278 2513081 10-saham-yang-bisa-dibeli-dari-perusahaan-orang-terkaya-di-indonesia-VI8fsDOgEf.jpg Saham yang Bisa Dibeli dari Perusahaan Orang Terkaya Indonesia. (Foto: Okezone.com/IDX)

JAKARTA - Saham yang bisa di beli dari perusahaan orang terkaya di Indonesia. Hal ini bisa jadi peluang investasi yang menjanjikan karena saham-saham tersebut tergolong blue chip atau bereputasi tinggi sehingga harganya sulit dimanipulasi.

Perusahaan-perusahaan tersebut memiliki latar belakang yang berbeda, mulai dari perbankan, petrokimia, hingga produk makanan. Dirangkum pada Selasa (7/12/2021), berikut daftar 10 perusahaan yang sahamnya bisa dibeli oleh masyarakat.

1. PT Bank Central Asia, Tbk (BCA)

BCA merupakan salah satu sumber kekayaan orang terkaya di Indonesia, yaitu Robert Budi dan Michael Hartono. Mayoritas saham bank tersebut dibeli oleh keduanya saat krisis moneter 1997-1998. Masyarakat pun bisa turut membeli saham perusahaan ini.

2. Saham-saham Grup Sinarmas

Grup Sinarmas adalah milik orang terkaya kedua di Indonesia, yaitu Keluarga Widjaja. Data terbaru pada 2021 menyebutkan setidaknya ada 11 perusahaan di bawah naungan grup ini yang sahamnya dapat dibeli masyarakat.

Baca Juga: Sumber Kekayaan Chairul Tanjung Rp79,2 Trilun, Punya Apa Saja?

Perusahaan-perusahaan tersebut ialah PT SMART Tbk (SMAR), PT Bank Sinarmas Tbk (BSIM), PT Dian Swastika Sentosa Tbk (DSSA), PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk (LIFE), PT Duta Pertiwi Tbk (DUTI), PT Puradelta Lestari (DMAS), PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk (INKP), PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM), dan PT Smartfren Telecom Tbk (FREN).

3. PT Barito Pasific, Tbk (BRPT)

Perusahaan berikutnya yaitu milik orang terkaya ketiga Indonesia, Prajogo Pangestu. Saham perusahaan Barito Pasific miliknya yang bergerak di bidang petrokimia terbuka untuk dibeli oleh publik.

4. PT Indofood Sukses Makmur, Tbk (INDF)

Perusahaan selanjutnya telah cukup akrab di telinga masyarakat, yaitu Indofood. Produk paling tersohor yang dihasilkan oleh perusahaan ini adalah mi instan, Indomie. Perusahaan terbuka ini adalah milik orang terkaya keempat di Indonesia, Anthoni Salim.

Baca Juga: Sumber Kekayaan Susilo Wonowidjojo, Bos Gudang Garam Punya Harta Rp76,3 Triliun

5. PT Indo-Rama Synthetics, Tbk (INDR)

Indo-Rama Synthetics merupakan rumah produksi petrokimia yang menghasilkan bahan mentah tekstil hingga sarung tangan medis. Perusahaan milik orang terkaya kelima Indonesia, Sri Prakash Lohia, ini bersifat terbuka sehingga sahamnya dapat dibeli oleh masyarakat.

6. PT Gudang Garam, Tbk (GGRM)

Saham perusahaan Gudang Garam yang berpusat di Kediri, Jawa Timur ini dapat dibeli di bursa saham. Perusahaan ini merupakan milik orang terkaya keenam Indonesia, Susilo Wonowidjojo.

7. PT Mayora Indah, Tbk (MYOR)

Perusahaan terbuka lain yang menyediakan produk makanan adalah Mayora. Produk yang dihasilkan oleh perusahaan milik orang terkaya ketujuh Indonesia, Jogi Hendra Atmadja, ini telah dikenal hingga mancanegara, misalnya Kopiko yang muncul di beberapa drama Korea.

8. PT Kalbe Farma, Tbk (KLBF)

Kalbe Farma merupakan perusahaan penyedia obat-obatan terbesar di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Kalbe Farma adalah perusahaan bersifat terbuka dan dimiliki oleh orang terkaya kedelapan Indonesia, Boenjamin Setiawan alias dr. Boen.

9. PT Bank Mega, Tbk (MEGA)

Bank Mega merupakan satu dari sekian banyak bagian CT Corp milik Chairul Tanjung, orang terkaya kesembilan Indonesia. Saham perusahaan milik pengusaha yang dijuluki Si Anak Singkong ini juga dapat dibeli oleh masyarakat.

10. PT Bank Mayapada International, Tbk (MAYA)

Terakhir, ada saham milik orang terkaya kesepuluh Indonesia, Tahir. Perusahaan yang bergerak di bidang perbankan ini telah menjadi perusahaan terbuka sehingga sahamnya dapat dibeli oleh kalangan masyarakat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini