Share

Mobil Listrik Diproduksi di Indonesia, Harga Jual Jadi Murah?

Athika Rahma, Jurnalis · Jum'at 17 Desember 2021 20:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 17 320 2518800 mobil-listrik-diproduksi-di-indonesia-harga-jual-jadi-murah-QjwSlbpEoW.jpg Mobil Listrik (Foto: Okezone/Shutterstock)

JAKARTA - Hyundai pabrikan asal Korea Selatan segera memproduksi mobil listrik pertama buatan Indonesia, Ioniq 5, Maret 2022. Produksi mobil ini akan dilakukan di Cikarang, Jawa Barat.

Produksi dalam negeri, apakah harga mobil listrik buatan Indonesia akan lebih murah dibanding mobil listrik lainnya?

Baca Juga: Harga Kendaraan Listrik Mahal, PLN Usul Ada Insentif

"Jadi kami ke depan akan memproduksi Ioniq 5 di Cikarang, dan diharapkan dengan produksi lokal dan seiring dengan kita kembangkan produk baru, harapannya harga ke depan semakin turun dan volume kendaraan ini tumbuh dan segmen EV (Electric Vehicle) ini akan bervariasi," ujar Direktur Tim Eksternal PT Hyundai Motor Asia Pasifik dan PT Hyundai Manufacturing Indonesia Tri Wahono Brotosanjoyo dalam IDX Channel Economic Outlook 2022, Jumat (17/12/2021).

Lanjut Tri, Hyundai akan membuat segmentasi pasar medium dan low sehingga nantinya harga mobil listrik bisa dijangkau oleh masyarakat sesuai dengan kemampuan mereka. "Saat ini kita masih segmen premium," katanya.

Baca Juga: IBC Akan Akuisisi Mobil Listrik Jerman StreetScooter, Erick Thohir Bilang Begini

Hyundai juga bakal memproduksi baterai EV di pabriknya di Karawang pada tahun 2024. Dengan produksi dalam negeri menggunakan material lokal, harga mobil listrik diharapkan semakin turun.

Tri melanjutkan, pihaknya optimis pangsa pasar EV akan semakin berkembang ke depannya. Hal ini tercermin dari harga baterai EV yang semakin murah dan Indonesia memiliki potensi bahan baku baterai EV, yaitu nikel, yang sangat besar.

"Selain itu, dengan dukungan PLN, Grab dan stakeholder lain, kami optimis EV ini akan berkembang di Indonesia dan kawasan Asia," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini