Share

Mau Buka Bisnis SPBU? Siapkan Modal Segini dan Cek Syarat Lengkapnya

Zikra Mulia Irawati, Okezone · Rabu 22 Desember 2021 21:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 22 320 2521173 mau-buka-bisnis-spbu-siapkan-modal-segini-dan-cek-syarat-lengkapnya-7pUC1Hgfa6.jpg Bisnis SPBU (Foto: Okezone)

JAKARTA - Masyarakat dapat menjadi mitra bisnis Pertamina. Seperti yang diketahui, bahan bakar minyak (BBM) kini ibaratkan kebutuhan pokok untuk masyarakat. Hal ini membuat bisnis SPBU berpotensi cuan.

Melansir laman resmi Pertamina, Rabu (22/12/2021), persyaratan untuk menjadi mitra Pertamina rupanya cukup mudah. Simak informasi lengkap syarat bisnis dengan peluang keuntungan Rp40 juta tersebut di bawah ini.

Baca Juga: Serikat Pekerja Pertamina Mau Mogok Kerja, Ahok: Tanya ke Direksi

1. Kelengkapan dokumen

Dokumen wajib yang harus dipenuhi calon mitra antara lain fotokopi KTP pemilik, surat akta pendirian perusahaan, fotokopi IMB, surat izin gangguan, serta surat peruntukkan dan penggunaan tanah.

Setelah itu, lengkapi juga dokumen lainnya seperti desain SPBU Pertamina yang akan dibangun, peta lokasi usaha, kelengkapan data fasilitas inventaris, data kapasitas penyaluran BBM, hingga kapasitas penyimpanannya.

Baca Juga: Serikat Pekerja Ancam Mogok Kerja, Ini Reaksi Pertamina

2. Menyiapkan lokasi calon SPBU

Lokasi yang akan dijadikan SPBU dapat dipilih melalui website. Jangan lupa untuk melakukan survei. Pilih dengan pertimbangan lokasi tersebut cukup ramai dilalui oleh pengendara kendaraan bermotor.

3. Menyiapkan sarana usaha

Terakhir tetapi tak kalah penting, calon mitra harus menyiapkan sarana usaha yang terdiri dari sarana pemadam kebakaran, sistem keamanan, pagar pembatas, instalasi sumur pantai dan saluran, hingga pengolahan limbah.

Tak lupa, fasilitas pendukung seperti toilet umum untuk pria dan wanita, mushola, tanda rambu, serta lahan parkir juga harus tersedia demi kenyamanan karyawan dan pelanggan. Pastikan fasilitas-fasilitas tersebut dipersiapkan sesuai standar Pertamina.

Menurut data, untuk modal membangun SPBU setidaknya membutuhkan dana sekira Rp500 juta hingga miliaran Rupiah tergantung lokasi dan luas lahan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini