Share

Waskita Karya Jual 5 Tol di 2022, Berikut Daftarnya

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Jum'at 24 Desember 2021 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 24 320 2522067 waskita-karya-jual-5-tol-di-2022-berikut-daftarnya-ieusbT1vj1.jpg Waskita Karya Jual Jalan Tol. (Foto: Okezone.com/Waskita)

JAKARTA - PT Waskita Karya Tbk akan mendivestasikan empat sampai lima ruas tol kepada investor. Aksi penjualan tol akan dilakukan pada 2022.

Direktur Utama Waskita Karya, Destiawan Soewardjono menyebut divestasi jalan tol merupakan bagian dari langkah restrukturisasi keuangan emiten dengan kode saham WSKT.

Baca Juga: Sudah Dapat PMN Rp7,9 Triliun, Waskita Karya Kok Mau Rights Issue Lagi?

Adapun ruas tol yang akan dijual kepada investor terdiri atas Tol Cimanggis-Cibitung, Bogor - Ciawi - Sukabumi (Bocim), Depok - Antasari (Desari), Trans Jawa, dan Tol Bekasi – Cawang – Kampung Melayu (Becakayu).

"Waskita secara keseluruhan kan sekarang dalam perbaikan financial dengan masa restrukturisasi, sudah dilaksanakan diharapkan pada 2025 akan selesai, dalam proses restrukturisasi tersebut, salah satu diantaranya adalah divestasi jalan-jalan tol," ujar Destiawan saat ditemui wartawan di kawasan Becakayu B2, Jumat (23/12/2021).

Baca Juga: Dapat PMN Rp7,9 Triliun, Waskita Karya Rights Issue Akhir Tahun

Sebelumnya, 6 ruas tol sudah didivestasikan emiten pelat merah itu. Saat ini, Waskita masih memiliki 13 ruas tol dan 7 ruas lainnya masih pada tahap konstruksi.

 "Karena Waskita mempunyai 19, sudah didivestasi 6, sekarang masih ada 13. Dan harus diselesaikan konstruksinya masih ada 7 dan dinai PMN termasuk Becakayu ini," kata dia.

Destiawan menjelaskan, hasil penjualan tol akan digunakan untuk membayar kewajiban-kewajiban perusahaan kepada kreditur. Tercatat, hingga Oktober 2021 utang Waskita mencapai Rp20,42 triliun. Sementara, progres restrukturisasi utang WSKT baru mencapai Rp16,62 triliun.

"Kalau itu sudah selesai semua, kami bisa ditawarkan kepada investor untuk menyelesaikan kewajiban-kewajiban kepada kreditur. Dan ini akan mempengaruhi beban keuangan waskita dan diharapkan akan mengembalikan Waskita dalam performa yang lebih baik," tutur dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini