Share

Sambut 2022 dengan Perencanaan Finansial Lebih Baik, Ini 3 Tips Cerdas dari MotionBanking!

Zikra Mulia Irawati, Jurnalis · Senin 27 Desember 2021 12:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 27 622 2523175 sambut-2022-dengan-perencanaan-finansial-lebih-baik-ini-3-tips-cerdas-dari-motionbanking-eys4EHzMOz.jpg MotionBanking (Foto: Okezone)

JAKARTA - Membangun perencanaan finansial merupakan hal yang harus dilakukan oleh semua pihak, karena hal itu merupakan langkah awal untuk menciptakan kondisi finansial yang kuat dan aman. Dengan begitu, kita akan lebih siap dalam menghadapi keadaan-keadaan yang tidak dapat diprediksi, seperti pandemi Covid-19.

Direktur Bisnis Digital PT Bank MNC Internasional Tbk Tee Teddy Setiawan mengatakan, tidak ada kata terlambat dalam membangun perencanaan finansial yang baik. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk dapat mengukur dan menganalisis income dan outcome keuangannya.

"Pandemi Covid-19 mengajarkan kita bahwa keadaan di depan tidak dapat diprediksi. Maka dari itu untuk menghindari kesulitan finansial di depan, Anda harus punya finansial yang kuat dan matang." ujarnya, Senin (27/12/2021).

Baca Juga: MotionPedia: Mengenal Istilah Akun Dorman

Memasuki tahun 2022, MotionBanking memberikan tips bagi Anda agar dapat membangun perencanaan finansial yang lebih matang:

1. Analisis kebutuhan

Antara kebutuhan dan keinginan terkadang salah diartikan oleh banyak orang. Kebutuhan berarti hal-hal utama yang diperlukan untuk dapat menyambung hidup. Sementara, keinginan biasanya diinisiasi oleh hasrat diri terhadap suatu barang.

Namun tanpa hal tersebut sebenarnya Anda tetap bisa bertahan hidup. Gaji akan selalu cukup memenuhi kebutuhan hidup, namun tidak akan pernah cukup memenuhi gaya hidup.

2. Bangun rencana pengeluaran

Setelah menganalisis kebutuhan yang diperlukan, Anda dapat mulai membangun rencana pengeluaran. Anda dapat mengawali perencanaan tersebut dengan melakukan budgeting secara mingguan.

Baca Juga: 3 Tips Keuangan Cerdas untuk Orang Tua Baru ala MotionBanking

Anda juga bisa mencari opsi-opsi barang kebutuhan lain yang dapat menekan pengeluaran Anda. Jika ada uang lebih, Anda dapat menyisihkan sebagian uangnya untuk tabungan dan investasi.

3. Bangun ‘mesin uang’

Hal lain yang dapat membangun kondisi finansial yang kuat dan aman adalah dengan menciptakan mesin uang, dalam arti Anda dapat mulai mencari sumber pendapatan pasif lainnya yang dapat menambah pendapatan maupun aset yang dimiliki.

Dengan begitu, Anda tidak hanya tergantung pada satu sumber pendapatan saja, namun ada sumber-sumber lain yang bisa memberikan income tambahan.

MotionBanking dari PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP), anak usaha PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) di bawah naungan MNC Group memberikan fasilitas suku bunga bagi masyarakat yang ingin memulai menabung. Dengan MotionBanking, masyarakat bisa mendapatkan bunga tabungan dengan suku bunga hingga 3,5% sehingga saldo tabungan yang dimiliki menjadi bertambah.

Untuk menjadi nasabah, caranya pun mudah. Unduh aplikasi MotionBanking di Google PlayStore dan Apple AppStore melalui tautan berikut bit.ly/downloadMotionBanking kemudian isi data diri lalu selfie dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Untuk informasi dan syarat ketentuan lebih lanjut, dapat mengunjungi www.motionbanking.id, menghubungi call center MNC Bank di 1500188, Whatsapp di 0888-888-8888, e-mail di cs@motionbanking.id dan Instagram di @motionbankingid.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini