Share

4 Langkah Kemnaker Awasi Perusahaan agar UMP Naik 2022

Erlinda Septiawati, Jurnalis · Senin 03 Januari 2022 04:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 02 320 2526360 4-langkah-kemnaker-awasi-perusahaan-agar-ump-naik-2022-ZYXIs8Tvoj.jpeg Upah Minimum 2022 (Foto: Okezone)

JAKARTA – Penetapan UMP 2022 diawasi oleh Kemnaker kepada perusahaan guna meningkatkan kepatuhan. Bahkan, dilakukan empat langkah sebagai cara penerapan.

Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi mengatakan pihaknya memiliki empat langkah untuk meningkatkan kepatuhan perusahaan untuk memastikan penerapan upah minimum dan struktur skala upah.

Langkah tersebut terdiri dari pertama, mendorong berbagai forum dialog dengan perusahaan sebagai upaya memastikan implementasi upah serta struktur dan skala upah.

Kedua, diselenggarakan sosialisasi struktur skala upah kepada stakeholders untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya struktur dan skala upah.

Selanjutnya ketiga, diadakan bimbingan teknis penyusunan struktur dan skala upah bagi manajer HRD di perusahaan. Terakhir keempat, menurunkan pengawasan ketenagakerjaan.

"Dengan mengadakan forum-forum dialog seperti ini dapat menciptakan sebuah budaya akan pentingnya terhadap struktur skala upah. Jadi mereka saling memahami, dan kalau seandainya jelas komunikasinya, kita akan mengurangi distorsi informasi" ujar Anwar Sanusi di Jakarta.

Baca Selengkapnya: Peringatan! Perusahaan Wajib Naikkan UMP 2022

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini