Share

11 Cara Sederhana Menghemat Uang Bikin Kaya Raya

Zikra Mulia Irawati, Jurnalis · Minggu 06 Februari 2022 19:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 06 622 2542987 11-cara-sederhana-menghemat-uang-bikin-kaya-raya-lLfwl6GvD9.jpeg 11 Cara Sederhana Menghemat Uang (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Menghemat uang mungkin terasa sulit bagi beberapa orang. Namun, menghemat sebenarnya dapat dimulai dari langkah-langkah sederhana.

Setidaknya ada 11 cara sederhana untuk menghemat pengeluaran. Simak informasi lengkapnya di bawah ini seperti dilansir budgetdirect.com, Jakarta, Minggu (6/2/2022).

1. Buat budget

 

Membuat budget untuk pengeluaran sehari-hari akan membantu Anda untuk menentukan prioritas. Hal ini akan menghindarkan Anda dari pengeluaran yang tidak perlu.

2. Catat pengeluaran

Mencatat pengeluaran membantu Anda untuk mengidentifikasi pos apa saja yang berpotensi menghabiskan uang lebih banyak. Jika Anda melakukan kebiasaan ini, Anda dapat mengidentifikasi pos mana yang bisa dihemat dan dialihkan untuk ditabung.

 

Baca Juga: 7 Tips Mencapai Merdeka Finansial

 

3. Bayar tagihan kartu kredit

Membayar tagihan kartu kredit tepat waktu akan menolong pengeluaran Anda. Selain itu, carilah kartu kredit yang memiliki program reward berupa cashback jika memungkinkan.


4. Buat rekening menabung

Rekening menabung akan membuat tujuan menabung Anda menjadi lebih fokus. Anda juga bisa memanfaatkan fitur autodebet agar tak ada alasan lagi untuk lupa menabung.

 

5. Fokus pada pengeluaran rutin

Cobalah untuk mengevaluasi pengeluaran rutin Anda selama setahun terakhir. Cari pos mana yang sekiranya bisa Anda hemat.

 

 

6. Kendalikan keinginan yang impulsif

Banyak keinginan yang hanya keinginan impulsif semata. Agar tidak boros, kenali perbedaan kebutuhan dan keinginan Anda.

 

7. Bayar tagihan secara bulanan

Untuk membayar tagihan seperti listrik, gas, atau air, gunakan metode pembayaran secara bulanan. Hal ini disebut juga dengan metode memperhalus pembayaran.

 

8. Rencanakan pengeluaran untuk makan

Pengeluaran untuk makan biasanya menjadi pos pengeluaran terbesar. Oleh karena itu, merencanakan budget untuk pos ini dapat membantu Anda untuk berhemat.

9. Jadi konsumen yang tidak pilih-pilih merek

Loyal terhadap suatu merek akan membuat Anda lebih boros karena secara otomatis Anda akan memiliki koneksi khusus. Jika Anda ingin lebih hemat, cobalah untuk tidak pilih-pilih merek.

 

10. Hindari mental miskin

Memiliki mental miskin atau terlalu hemat tak akan membantu keuangan anda. Sebab, fokus dalam perencanaan keuangan adalah mendapatkan uang, menabung, dan menginvestasikan.

 

 

11. Gunakan sebuah rencana keuangan

Rencana keuangan akan membuat keuangan Anda terbagi ke dalam beberapa pos. Hal ini akan membuat pengeluaran Anda lebih fokus dan tidak besar pasak daripada tiang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini