Share

Presiden Jokowi Ungkap Tantangan Ekonomi Selain Covid-19

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Rabu 09 Februari 2022 09:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 09 320 2544448 presiden-jokowi-ungkap-tantangan-ekonomi-selain-covid-19-LepJNvFL2O.jpg Presiden Jokowi Ungkap Tantangan Pemulihan Ekonomi. (Foto: Okezone.com/Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengatakan dalam pemulihan ekonomi di tahun ini, pandemi masih menjadi tantangan. Salah satu yang jelas dihadapi adalah penanggunalangan kesehatan.

Sebab, kata Jokowi, kunci dari pemulihan ekonomi adalah bagaimana menangani terlebih dahulu masalah kesehatan yang diakbiatkan oleh virus Covid-19 yang ada saat ini.

Baca Juga: Ketika Tukang Bubur Didenda Rp5 Juta tapi Kerumunan di Mal Bandung Cuma Rp500.000, Ternyata Ini Alasannya

"Penanganan pandemi Covid-19 dan krisis kesehatan yang terjadi saat ini masih menjadi faktor kunci dari pemulihan ekonomi. Percepatan vaksinasi dan pengendalian pandemi yang lebih baik menjadi kunci keberhasilan dalam melakukan pemulihan ekonomi," ujar Jokowi dalam sambutannya pada acara Mandiri Invesment Forum, Rabu (9/2/2022).

Di samping itu. tantangan lain yang dihadapi untuk melakukan pemulihan ekonomi Indonesia adalah adanya kelebihan rantai pasok global. Menurut Jokowi, hal tersebut memicu terjadinya inflasi secara global.

Baca Juga: Presiden Jokowi ke Investor: Tahun 2022 Jadi Momentum Pemulihan Ekonomi

Jokowi menambahkan, normalisasi kebijakan moneter Amerika Serikan juga diperkirakan akan terjadi lebih cepat. Hal tersbut akan memberikan reaksi untuk investor dalam negeri.

"Pemulihan ekonomi masih menjadi tantangan utama dari eksternal, misalnya seperti gangguan rantai pasokan yang memicu peningkatan inflasi secara global, selain itu normalisasi kebijakan moneter Amerika Serikat yang diperkirakan akan terjadi lebih cepat," kata Presiden Jokowi.

Meski demikian Jokowi mengatakan pengalaman Indonesia menanggulangi varian delta yang terjadi tahun lalu menjadi modal Indonesia untuk bangkitkan perekonomian.

Presiden mengatakan pada kuartal IV 2021 yang lalu perekonomian Indonesia tumbuh diangka 5,02%. Menurutnya angka tersebut bisa lebih tumbuh lebih besar di tahun 2022.

"Tahun 2022 menyajikan berbagai peluang transformasi dan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik terutama dalam bidang green economy dan teknologi Informasi," pungkas Jokowi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini