Share

Erick Thohir Rombak Direksi Pelni, Tri Andayani Jadi Dirut

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Jum'at 25 Februari 2022 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 25 320 2553261 erick-thohir-rombak-direksi-pelni-tri-andayani-jadi-dirut-9ZSBSjGGdz.jpg Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Okezone.com/KBUMN)

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir mengganti Direktur Utama PT Pelni (Persero). Dirinya mengangkat Tri Andayani sebagai Direktur Utama Pelni.

Tri menggantikan Insan Purwarisya L Tobing yang telah menyelesaikan masa tugasnya pada 31 November 2021. Tri Andayani sebelumnya pernah menjabat sebagai Direktur Keuangan Pelni terhitung 3 April 2017 hingga 27 Desember 2019.

Keputusan tersebut ditetapkan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan tertuang dalam Salinan Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-57/MBU/02/2022 tanggal 25 Februari 2022 tentang Pemberhentian, Pengalihan Tugas, dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pelayaran Nasional Indonesia.

Baca Juga: 6 Kapal Disiapkan Jadi Tempat Isolasi Terpusat

SK pengangkatan Dewan Direksi PELNI yang baru disampaikan oleh Pelaksana Tugas Asisten Deputi Bidang Jasa Logisik Desty Arlaini. Pjs. Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni Opik Taupik menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran direksi yang sebelumnya menjabat dan mengucapkan selamat datang kepada pejabat yang menggantikan.

"Kepada Direksi sebelumnya, kami mengucapkan terima kasih atas pengabdian serta kontribusi bagi kemajuan bisnis PELNI," ungkapnya Jumat (25/2/2022).

Melalui Surat Keputusan yang sama, Kementerian BUMN juga mengubah empat posisi direksi perusahaan. Ganefi yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur SDM & Umum, kini digantikan oleh Rainoc yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Fasilitasi Dukungan Strategis Kementerian BUMN RI.

Baca Juga: Meski Mudik Dilarang, Pelni Siapkan 26 Armada dan 46 Trayek Kapal Perintis

Untuk posisi Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko yang sebelumnya dijabat oleh Ony Suprihartono digantikan oleh Andy Saleh Bratamihardja. Jabatan Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut diamanahkan kepada Yossianis Marciano, menggantikan Yahya Kuncoro yang saat ini ditunjuk sebagai Direktur Usaha Angkutan Penumpang PELNI menggantikan O.M. Sodikin yang sudah dua periode menjabat sebagai direksi PELNI.

Opik menambahkan dengan adanya penyegaran dalam susunan direksi ini diharapkan dapat meneruskan transformasi bisnis perusahaan. "Penunjukan Ibu Tri Andayani sebagai Direktur Utama kami harapkan akan membawa semangat yang berbeda bagi Perusahaan, khususnya bagi para Srikandi perempuan di internal Perusahaan," tambah Opik.

Adapun susunan Dewan Direksi Pelni yang Baru:

Direktur Utama : Tri Andayani

Direktur SDM dan Umum : Rainoc

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko : Andy S. Bratamihardja

Direktur Usaha Angkutan Penumpang : Yahya Kuncoro

Direktur Usaha Barang dan Tol Laut : Yossianis Marciano

Direktur Armada dan Teknik : Robert M.P Sinaga

Susunan Dewan Komisaris Pelni:

Komisaris Utama : Ali Masykur Musa

Komisaris : Haryo Indratno

Komisaris : Wahju Aji

Komisaris : Eddy Susanto Soepadmo

Komisaris : Iwan Taufiq Purwanto

Komisaris Independen : Kristia Budiyarto

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini