Share

BEI Gembok Saham PANI dan FORU

Selasa 01 Maret 2022 10:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 01 278 2554514 bei-gembok-saham-pani-dan-foru-HsGnOJoKNL.jpg BEI Gembok Saham FORU dan PANI. (Foto: Okezone.com/IDX Channel)

JAKARTA - Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sejumlah perdagangan saham karena mengalami kenaikan harga yang sangat tinggi. Saham yang dihentikan sementara PT Pratama Abadi Nusa Industri Tbk (PANI) dan PT Fortune Indonesia Tbk (FORU).

Penghentian ini merupakan cooling down bagi PANI yang mulai berlaku pada perdagangan sesi pertama, Selasa, 1 Maret 2022 di Pasar Reguler dan Pasar Tunai.

"Dalam rangka cooling down, PT Bursa Efek Indonesia memandang perlu untuk melakukan penghentian sementara perdagangan Saham PT Pratama Abadi Nusa Industri Tbk (PANI), pada perdagangan tanggal 1 Maret 2022," tulis Kepala Divisi Pengawasan Transaksi Lidia M Panjaitan dan Kepala Divisi Pengaturan dan Operasional Perdagangan BEI, Irvan Susandy, Jumat (25/2/2022).

Baca Juga: Saham Solusi Tunas Pratama Disuspensi Usai Meroket 208%

Sejak 16 Februari 2022 hingga penutupan perdagangan Jumat (25/2) di harga Rp5.625, saham produsen wadah atau kemasan ini diketahui telah melonjak 212,5%..

Adapun delapan hari terakhir, PANI selalu berada di zona hijau berturut-turut. Performa tersebut membawa PANI melejit 232,84% dalam sebulan.

Melalui keterbukaan informasi, PANI merespons aktivitas di luar kebiasaan / unusual market activity (UMA) dengan menyebut bahwa kenaikan harga yang cukup signifikan terjadi sehubungan dengan rencana penambahan modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) dan transaksi afiliasi perseroan yang disampaikan pada tanggal 17 Februari 2022.

Baca Juga: 2 Tahun Disuspensi, Saham Siwani Makmur (SIMA) Bakal 'Ditendang' dari Bursa

Perseroan memastikan telah menyampaikan seluruh informasi material kepada publik.

"Tidak terdapat informasi matefial lainnya yang belum disampaikan ke publik," kata Direktur Utama PANI, Prilli Budi Pasravita Soetantvo, (25/2).

Dengan gembok sementara terhadap PANI, BEI meminta investor untuk terus mencermati kinerja perusahaan yang bersangkutan dalam keterbukaan informasi.

BEI juga menekankan bahwa suspensi ini bertujuan untuk memberikan waktu yang memadai bagi pelaku pasar untuk mempertimbangkan secara matang berdasarkan informasi yang ada dalam setiap pengambilan keputusan investasinya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Selain itu, Bursa Efek Indonesia (BEI) juga menghentikan perdagangan saham PT Fortune Indonesia Tbk (FORU) untuk sementara waktu menyusul terjadinya peningkatan harga kumulatif yang signifikan.

Penghentian ini merupakan cooling down bagi FORU yang mulai berlaku pada perdagangan sesi pertama, Selasa, 1 Maret 2022 di Pasar Reguler dan Pasar Tunai.

Selama sepekan terakhir, emiten jasa pemasaran dan periklanan ini diketahui melesat 43,56% dengan kinerja sebulan melejit 150,27%, ditutup di harga Rp468 per saham pada Jumat (25/2/2022).

Melalui keterbukaan informasi awal bulan Februari, manajemen FORU menyebut tidak mengetahui penyebab volatilitas transaksi dan kenaikan harga saham yang membuatnya masuk dalam radar unusual market activity (UMA).

"Perseroan tidak mengetahui adanya informasi atau fakta material yang dapat mempengaruhi nilai efek perseroan atau keputusan investasi pemodal," kata Sekretaris Perusahaan, Iwan, Jumat (11/2/2022).

Dengan gembok sementara terhadap FORU, BEI meminta investor untuk terus mencermati kinerja perusahaan yang bersangkutan dalam keterbukaan informasi.

BEI juga menekankan bahwa suspensi ini bertujuan untuk memberikan waktu yang memadai bagi pelaku pasar untuk mempertimbangkan secara matang berdasarkan informasi yang ada dalam setiap pengambilan keputusan investasinya

Dinar Fitra Maghiszha

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini