Share

Usai Lapor SPT Tahunan, Luhut: Penerimaan Negara Semakin Baik

Michelle Natalia, Jurnalis · Selasa 08 Maret 2022 12:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 08 320 2558123 usai-lapor-spt-tahunan-luhut-penerimaan-negara-semakin-baik-HwubEuIOct.jpg Luhut telah laporkan SPT. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bahwa dirinya sudah melaporkan SPT tahunan pribadinya secara online hari ini, Selasa (8/3/2022).

"Tadi pagi juga dengan peluncuran SIMBARA, saya harap ini akan membuat ekonomi kita makin baik, keuangan makin baik, penerimaan negara makin baik. Dengan launching SIMBARA ini, tidak ada lagi penyalahgunaan dari data, atau angka yang berbeda-beda," ujarnya.

Dia mengatakan, prestasi perpajakan juga membanggakan, di mana tahun lalu, penerimaan melampaui target.

 BACA JUGA:Ini Cara Urus Denda Telat Lapor SPT, Segini Besarannya

Untuk tahun ini, Luhut juga berharap bahwa performa pajak akan kian membaik.

"Sistem kita di bawah Bu Ani makin baik, dan kita berani memperbaiki itu semua. Karena kalau kita digitalized, saya kira kita semua akan lebih tertib, komoditas minerba sudah digitalized, perpajakan juga," ungkapnya.

Dia mengatakan, bahwa dirinya memperoleh laporan bahwa ada beberapa harga dan data komoditas yang tidak sesuai setelah dilakukan verifikasi.

"Maka dari itu, saya yakin penerimaan bu Ani tahun ini akan semakin lebih dari target, dan soal e-katalog bersinggungan dengan keuangan akan mulai kami bicarakan, rataskan dan Presiden akan launching pada tanggal 22 tahun ini, ini bagian dari program pilihan Kemenkeu Rp400 triliun semua akan kita belanjakan dalam negeri," jelasnya.

Dari hasil hitungan BPS, jika anggaran itu dibelanjakan dengan benar, membuat konten lokal akan mendorong UMKM-UMKM baru dan menambah pertumbuhan ekonomi 1,71%.

 BACA JUGA:Ini Cara Lapor SPT Tahunan Secara Online, Jangan Lupa Terakhir 31 Maret

Hal itu sesuai dari apa yang diramalkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

"Semua ini masalah efisiensi, dan kalau kita semua bisa bekerja secara holistik dan terpadu. Pajak adalah sumber terbesar APBN kita, dan dengan pajak, pandemi COVID-19 dapat kita lalui, meski masih dalam kondisi berhati-hati, keberhasilan kita sampai hari ini, masih harus kita syukuri pencapaian kita," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini