Share

5 Tips Penting bagi Milenial yang Ingin Ambil KPR, Simak Ya!

Anggie Ariesta, Jurnalis · Kamis 10 Maret 2022 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 10 470 2559549 5-tips-penting-bagi-milenial-yang-ingin-ambil-kpr-simak-ya-bqEoNXaxC7.jpg Tips milenial ambil KPR. (Foto: Shutterstock)

TANGERANG - Kaum milenial diperkirakan menjadi pangsa terbesar dalam sektor properti dalam 5 tahun mendatang.

Namun, generasi milenial kerap kali dianggap lebih sulit mendapatkan fasilitas kredit pemilikan rumah (KPR) dari perbankan, dibanding generasi yang lebih tua, yakni Generasi X atau Baby Boomers.

Menjawab keraguan tersebut, Executive Vice President of Consumer Loan Division BCA Felicia M Simon mengatakan, milenial bisa untuk mengajukan KPR dengan beberapa tips penting yang harus dipertimbangkan secara matang.

 BACA JUGA:KPR BCA, Solusi Punya Rumah Idaman dengan Beragam Keuntungan

"Pertama, lokasi rumah yang menjadi salah satu faktor penting dalam pembelian rumah. Meski demikian pilihan lokasi ini juga bisa berdasarkan preferensi masing-masing pembeli," ujar Feli dalam Exclusive Interview BCA Expoversary 2022, Kamis (10/3/2022).

Menurut Feli, ada pembeli yang ingin punya rumah dekat kantor, namun ada juga yang ingin tinggal di dekat orang tua.

Hal tersebut merupakan pilihan masing-masing orang dan pemilihan lokasi calon hunian harus dipertimbangkan baik-baik.

Kedua, kredibilitas developer yang berarti calon pembeli harus memastikan kredibilitas atau reputasi kreditor tersebut.

Kredibilitas developer bisa dilihat dari pembangunan klaster tepat waktu, serah terima sesuai dengan perjanjian awal hingga tersedianya fasilitas sesuai iklan.

“Itu harus diperhatikan apakah janji-janji itu terpenuhi atau engga. Termasuk infrastrukturnya. Jadi mau bikin jalan selebar apa, mau dibangun misal ada fasilitas kolam renang apakah itu dipenuhi atau enggak,” jelasnya.

 BACA JUGA:Pilih KPR atau Kredit Mobil Dulu?

Ketiga, masih berhubungan developer, calon pembeli juga harus memastikan surat atau sertifikat rumah bakal diserahkan tepat waktu.

Feli membeberkan kebanyakan developer melakukan tindakan paralel membangun klaster hunian sembari mengurus sertifikatnya.

Feli menambahkan, untuk developer kecil yang jumlah proyeknya tidak terlalu banyak, seharusnya sertifikat rumah bisa selesai dalam hitungan bulan.

Sementara untuk developer besar dengan ribuan proyek, maka penyelesaian sertifikat akan membutuhkan waktu lebih panjang.

Keempat yaitu desain rumah yang di era pandemi Covid-19, masyarakat diminta untuk lebih banyak diam di rumah.

Untuk itu desain sangat menentukan kenyamanan penghuni di dalam rumah tersebut. Menurut Feli rumah akan lebih nyaman dengan sirkulasi udara yang bagus ditambah ruang yang nyaman untuk WFH.

Kelima, perkembangan harga yang menurut Feli, rumah merupakan instrumen investasi. Untuk itu sangat penting memilih rumah di kawasan yang memiliki pertumbuhan harga. Sehingga suatu saat rumah itu dijual kembali maka ada potensi penghuni akan meraup cuan.

“Perkembangan harga jadi satu pemikiran pada saat kita mau beli. Jangan sampe pas kita mau jual harganya malah jatuh,” ucapnya.

Adapun untuk KPR BCA, bunga yang ditawarkan 2,65% (bunga efektif per tahun) fixed 1 tahun.

Adapun kredit kendaraan bermotor (KKB) BCA memberikan penawaran bunga spesial 2,65% flat per tahun untuk tenor 1 tahun, serta kredit sepeda motor (KSM) diberikan uang muka spesial 6,5% dari on-the-road (OTR) untuk seluruh nasabah dan seluruh tipe motor di bawah Rp100 juta.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini