Share

Kendaraan Berstandar Mesin Euro 4 Segera Diimplementasikan, BBM Pertamina Sudah Siap Belum?

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Sabtu 12 Maret 2022 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 12 320 2560542 kendaraan-berstandar-mesin-euro-4-segera-diimplementasikan-bbm-pertamina-sudah-siap-belum-f5bEscPbEN.jpg Kendaraan berstandar mesin euro 4 segera diimplementasikan. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Jendral Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, implementasi mesin euro 4 untuk kendaraan bakal di implementasikan sesuai jadwal.

"Kita on schedule dan saat ini kita sedang rapatkan. Untuk implementasinya udah siap, untuk alat uji tipenya juga udah siap semuanya," ujar Budi usai meninjau acara Jakarta Autoweek, Sabtu (12/3/2022).

Budi mengatakan, Kemenhub hingga Pertamina yang menyediakan bahan bakar yang seusai ketentuan mesin euro 4 juga sudah siap untuk mengimplementasikan hal tersebut.

"Kalau saya sudah siap semuanya untuk penerapan euro 4, dirapat kemarin pertamina juga sudah siap," sambungnya.

 BACA JUGA:Harga Pertalite Tak Naik, Pertamina Diusulkan Dapat Tambahan Dana Kompensasi

Menurutnya, saat ini beberapa merek kendaraan sudah melakukan pengujian implementasi mesin euro 4.

"Kalau sudah dilakan uji sama saya berarti sudah siap dong, kalau sudah di uji sama saya berarti jaminan bahwa kendaraan itu sudah siap dengan euro 4," katanya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sebagai informasi, Penggunaan mesin euro 4 bertujuan untuk mengurangi emisi buang kendaraan.

 BACA JUGA:Harga Pertalite Tidak Naik, Ini Alasan Pertamina

Sebelumnya, Kemenhub menargetkan penerapan kebijakan standar emisi Euro 4 untuk kendaraan bermesin diesel bakal dilakukan mulai April tahun 2022.

Hal tersebut diharapkan memberikan dampak positif terhadap lingkungan, terutama di kota-kota besar yang banyak dilalui oleh kendaraan beroda empat atau lebih.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini