Share

Motor Listrik Vs BBM Lebih Hemat Mana? Ini Perhitungan PLN

Athika Rahma, Jurnalis · Senin 21 Maret 2022 14:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 21 320 2565250 motor-listrik-vs-bbm-lebih-hemat-mana-ini-perhitungan-pln-i1Owxkhm4P.jpg Motor Listrik (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah terus mengakselerasi penggunaan kendaraan listrik sebagai dari transisi energi dari fosil menuju EBT. Selain ramah lingkungan, kendaraan listrik juga lebih hemat dari kendaraan konvesional.

Executive Vice President Pemasaran dan Pengembangan Produk PLN Hikmat Drajat mengungkapkan bahwa perhitungan pemakaian motor listrik dan motor konvensional. Diasumsikan, untuk menempuh kendaraan 100 km, motor konvensional butuh bensin sekitar 2 liter.

"Katakanlah harga bensin Rp8.000 per liter, 2 liter Rp 16 ribu. Sedangkan untuk motor listrik, 100 km itu bisa ditempuh dengan listrik 3 kWh saja dari baterainya," kata Hikmat dalam diskusi virtual, Senin (21/3/2022).

Lanjutnya, harga listrik per kWh ada di kisaran Rp 1.500. Artinya, biaya motor listrik untuk menempuh jarak 100 km hanya Rp 4.500 saja.

"Tentunya ini penghematan dari sisi driver, biasanya kan driver kalau menyisihkan pendapatannya dikurangi bensin berapa, ini kita jamin lebih besar savingnya," ungkap Hikmat.

Selain lebih murah, motor listrik juga lebih efisien dan tidak memakan banyak waktu dalam proses isi baterainya. Dengan teknologi swap, baterai kosong yang ada di dalam motor bisa diganti dengan baterai yang sudah terisi penuh.

PLN sendiri mendukung penuh penggunaan kendaraan listrik ini dengan sejumlah program, misalnya pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) hingga transformasi pembangkit listrik dari PLTU ke PLT EBT.

"Nah, yang jadi pertanyaan, kapan pembangkit itu beralih ke pembangkit EBT? Dengan kerja sama ini jadi salah satunya yang mendorong agar transformasi tersebut terakselerasi," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini