Share

46 Ribu Mobil dan 80 Ribu Motor Listrik Bakal Mengaspal di Indonesia

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Senin 21 Maret 2022 13:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 21 320 2565182 46-ribu-mobil-dan-80-ribu-motor-listrik-bakal-mengaspal-di-indonesia-uLdLdd79qc.jpg Puluhan Ribu Kendaraan Listrik Siap Mengaspal di Indonesia. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendorong akselerasi penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Kemenhub pun bekerjasama dengan sejumlah lembaga maupun kementerian dan juga pihak swasta.

“Kemenhub berharap di tahun 2022 ini sebanyak 46 ribu kendaraan listrik roda empat dapat diproduksi dan dapat digunakan di Indonesia dan sebanyak 80 ribu pada kendaraan roda dua di tahun ini,” kata Direktur Sarana Transportasi Kemenhub Danto Restyawan di Acara Ride to the Future di Jakarta, Senin (21/3/2022).

Baca Juga: Presiden Jokowi Dukung Investasi Hulu-Hilir Kendaraan Listrik di Indonesia

Berdasarkan hasil studi, Kemenhub optimis untuk mendorong segala percepatan ekosistemnya.

“Jadi tak hanya motornya tapi juga ekosistemnya, pokonya kami akan terus mengeluarkan sejumlah aturan untuk mendukung percepatan kendaraan listrik, SPKLUnya dan saya kira kami optimis itu bisa kita capai,”tambahnya.

Baca Juga: Beragam Insentif Menarik untuk Investasi Kendaraan Listrik di Indonesia

Sejumlah kerjasama sudah dicapai dari pihak Kementerian dan Lembaga mulai dari ESDM, PLN, dan stakeholders hingga pigak swasta untuk mendukung segala percepatan.

“Iya kalau misalkan tahun ini kami bisa optimis sih bisa tercapai tadi saja dari Grab sudah membantu sebanyak 8 ribuan dan ini kita dorong terus bersama khususnya juga ini sebentar lagi akan ada ajang G20, ekosistem baterainya juga kita sih berharap untuk produksi baterainya juga dibuat di Indonesia,” urainya.

“Kendaraan listrik yang paling mendukung penurunan zero emisi, ramah lingkungan dan saat ini kementerian perhubungan telah menyusun peta jalan transportasi kendaraan bermotor listrik beserta ekosistemnya," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini