Share

Pintu Masuk Penumpang Luar Negeri dari Udara dan Laut Ditambah

Raka Dwi Novianto, Jurnalis · Selasa 29 Maret 2022 08:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 29 320 2569468 pintu-masuk-penumpang-luar-negeri-dari-udara-dan-laut-ditambah-JCtYajmiRp.jpg PPLN Tes PCR di Bandara Soetta. (Foto: Okezone.com/AP 2)

JAKARTA - Pemerintah memperpanjang PPKM di Luar Jawa Bali yang mulai berlaku efektif mulai tanggal 29 Maret sampai dengan 11 April 2022. Hal tersebut tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2022

Dirjen Bina Adwil Kemendagri Safrizal mengatakan, untuk mendukung upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional, pemerintah telah memutuskan untuk menambah jumlah pintu masuk bagi pelaku perjalanan luar negeri.

Baca Juga: PPLN Membeludak di Soetta, Begini Cara Satgas Covid-19 Atur Antrean PCR

Pintu masuk perjalanan penumpang dari luar negeri, yang sebelumnya hanya dibuka di Bandara Soekarno Hatta, Bandara Juanda, Bandara Ngurah Rai, Bandara Hangnadim, Bandara Raja Haji Fisabilillah, dan Bandara Sam Ratulangi untuk WNI. Serta Bandara Soekarno Hatta, Bandara Juanda, dan Bandara Sam Ratulangi untuk WNA.

“Saat ini seluruh perjalanan penumpang internasional, baik WNI maupun WNA, dapat masuk melalui bandara-bandara tersebut ditambah dengan bandara Abdul Madjid di Lombok," ujar Safrizal dalam keterangannya, Selasa (29/3/2022).

Baca Juga: PPLN Membeludak di Soetta, Ketua Satgas: Masih Ada Potensi Kembali Terjadi Penumpukan

Senada dengan penambahan pintu masuk udara, terdapat juga penambahan pintu masuk laut melalui Tanjung Benoa di Bali dan Lagoi di Bintan. Khusus untuk Tanjung Benoa, Tanjung Pinang, dan Lagoi dapat masuk menggunakan kapal pesiar (yacht).

Adapun pengaturan terhadap pergantian layanan dan pemulangan bagi Awak Kapal Warga Negara Asing (WNA) atau Awak Kapal Warga Negara Indonesia WNI) pada kapal berbendera asing dapat dilakukan melalui beberapa Pelabuhan di Indonesia yaitu melalui Pelabuhan Belawan, Tanjung Balai Karimun (Pulau Nipah dan Tg. Balai Karimun), Batam (Pulau Galang, Batu Ampar, dan Kabil), Merak, Tanjung Priok, Tanjung Perak, Makasar, Benoa, Sorong, Ambon, dan Bitung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini