Share

Tolak Impor! Menkop Teten Maksimalkan Potensi Belanja Pemerintah Beli Produk Lokal

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Senin 11 April 2022 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 11 455 2577180 tolak-impor-menkop-teten-maksimalkan-potensi-belanja-pemerintah-beli-produk-lokal-s5aGa9uXE9.jpg Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. (Foto: Okezone.com/Kemenkop)

JAKARTA – Kementerian Koperasi dan UKM menilai produk dalam negeri semakin berkualitas. Untuk itu, jika bisa dipenuhi oleh dalam negeri, impor barang tak lagi diperlukan.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, Business Matching menjadi upaya percepatan penyerapan produk dalam negeri dan UMKM oleh pemerintah. Sebab pada tahun ini, potensi pembelian produk dalam negeri sangat besar, dengan belanja pemerintah sebesar Rp1.481 triliun, dan BUMN sebesar Rp420 triliun.

Baca Juga: Erick Thohir Siapkan BUMN Investasi ke Brand Lokal

“Sesuai arahan Bapak Presiden seluruh Kementerian dan Lembaga (K/L) dan Pemerintah Daerah (Pemda) wajib meningkatkan penggunaan Produk Dalam Negeri, meningkatkan porsi UMKM dan Koperasi, dan mempercepat penyerapan APBN dan APBD melalui belanja barang/jasa pemerintah,” ujar Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki

dalam acara Showcase dan Business Matching tahap 2, dengan kategori produk alat kesehatan, wellness product, dan produk K3 (Keselamatan, Keamanan, dan Kesehatan), di Jakarta, Senin (11/4).

Teten berharap Business Matching dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan komunikasi antara pemerintah yang memiliki potensi pengadaan barang/jasa dengan pelaku usaha yang memiliki produk unggulannya.

Baca Juga: Usai Jokowi Marah-Marah, Produk Impor di E-Katalog Dilarang Dijual

“Produk dalam negeri kita sangat berkualitas, jangan lagi ada produk impor dalam belanja pemerintah untuk produk yang dapat dihasilkan di dalam negeri, kalau bisa kita kolaborasi,” urainya.

Dengan begitu, Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi percontohan atau memacu kementerian dan Pemda dapat melakukan kegiatan business matching.

“Dengan begitu kami coba menghadirkan produk unggulan dalam negeri yang dapat digunakan untuk substitusi produk impor,” tegas Teten

Sebagai catatan, Ajang ini merupakan salah satu rangkaian acara Aksi Afirmasi Peningkatan Pembelian Dan Pemanfaatan Produk Dalam Negeri (PDN), dalam rangka Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI), dan bentuk dukungan Pemerintah kepada pelaku UMKM.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini