Share

Duh! Elon Musk Digugat Pemegang Saham Twitter, Kenapa?

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 13 April 2022 11:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 13 278 2578227 duh-elon-musk-digugat-pemegang-saham-twitter-kenapa-glDDNsSBDm.png Elon Musk Digugat Pemegang Saham Twitter (Foto: SCMP)

JAKARTA - Elon Musk dituntut eks pemegang saham Twitter. Alasannya karena Elon Musk lambat mengumumkan kepemilikan sahamnya di Twitter.

Eks pemegang saham yang diketuai oleh Marc Rasella mengajukan gugatan class action ke pengadilan federal di Manhattan, New York. Demikian dikutip dari Reuters seperti dilansir Antara, Rabu (13/4/2022).

Dalam tuntutan tersebut, Elon Musk yang baru menjadi pemegang saham mayoritas Twitter, dituduh membuat pernyataan yang salah, lalai dan menyesatkan karena terlambat mengumumkan dia berinvestasi di Twitter. Menurut undang-undang federal, dia seharusnya memberikan pengumuman pada 24 Maret.

Baca Juga: Pemegang Saham Terbesar, Elon Musk Tolak Jadi Direksi Twitter

Rasella menyatakan keterlambatan ini menyebabkan Musk bisa membeli lebih banyak saham dengan harga yang rendah, sementara pemegang saham lainnya harus menjual dengan harga yang diturunkan secara artifisial.

Setelah Musk mengumumkan kepemilikan saham, saham Twitter naik 27% menjadi USD49,97 pada 4 April. Harga sebelumnya USD39,31.

Rasella mengatakan dia menjual 35 saham miliknya pada 25-29 Maret seharga total USD1.373, rata-rata 39,23 per lembar.

Gugatan class action itu meminta kompensasi yang tidak disebutkan dan ganti rugi. Pengacara Elon Musk belum berkomentar atas kasus ini.

Undang-undang sekuritas di Amerika Serikat meminta investor mengumumkan kepemilikan saham dalam waktu 10 hari setelah mereka membeli 5% saham sebuah perusahaan.

Elon Musk menguasai 9,2% saham Twitter. Dia memutuskan tidak akan bergabung dengan dewan direksi perusahaan.

Dengan begitu, Musk bisa membeli saham lagi terikat dengan perjanjian bahwa kepemilikan saham maksimal sebesar 14,9%.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini