Share

5 Syarat Penerima BLT Subsidi Gaji, Penuhi Kriteria Ini BSU Rp1 Juta Langsung Ditransfer ke Rekening

Tim Okezone, Okezone · Rabu 13 April 2022 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 13 320 2578302 5-syarat-penerima-blt-subsidi-gaji-penuhi-kriteria-ini-bsu-rp1-juta-langsung-ditransfer-ke-rekening-T4YSt3fOgW.jpg 5 Syarat Penerima BLT Subsidi Gaji (Foto: Okezone)

JAKARTA - 5 syarat penerima BLT subsidi gaji Rp1 juta menarik untuk diketahui. BLT subsidi gaji atau Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2022 akan dicairkan ke 8,8 juta pekerja dengan anggaran Rp8,8 triliun.

Saat ini, proses pencairan BLT subsidi gaji Rp1 juta masih dilakukan. Ditargetkan, BLT subsidi gaji Rp1 juta dicairkan pada bulan ini.

Salah satu syarat penerima BLT subsidi gaji Rp1 juta di tahun ini adalah pekerja dengan upah di bawah Rp3,5 juta per bulan.

Pencairan BLT subsidi gaji masih menggunakan data BPJS Ketenagakerjaan dan disalurkan ke rekening bank Himbara. Untuk itu, BLT subsidi gaji Rp1 juta akan cair ke pemilik 4 rekening ini.

Baca Juga: BLT Subsidi Gaji Cair, Jangan Kaget Rekening Bertambah Rp1 Juta! Cek Penerima BSU 2022 di Sini

Saat ini Kementerian Ketenagakerjaan tengah menyiapkan beberapa hal antara lain merampungkan regulasi teknis BSU, mengajukan dan merevisi anggaran bersama Kemenkeu.

"Serta yang tidak kalah penting adalah mereviu data calon penerima BSU 2022 bersama BPJS Ketenagakerjaan, dan berkoordinasi dengan pihak Himbara selaku bank penyalur," ujar Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah di Jakarta.

Baca Juga: KKP Selamatkan Kerugian Negara Sebesar Rp30 Miliar dari Tindak Penyelundupan BBL

Kementerian Ketenagakerjaan telah mengelola BSU pada 2020 dan 2021 dengan beberapa ketentuan kriteria penerima dan jumlah bantuan yang diberikan. BSU 2020 difokuskan pada pekerja/buruh yang memiliki upah di bawah Rp5 juta.

Pada 2021, BSU menyasar pekerja/buruh yang terdampak kebijakan PPKM level 3 dan 4, serta memiliki upah di bawah Rp3,5 juta, atau jika daerah tersebut upah minimum nya lebih dari Rp3,5 juta maka menggunakan batasan upah minimum yang berlaku.

Adapun di tahun 2022 ini, jelas Menaker, kriteria penerima BSU sementara didesain untuk pekerja/buruh yang memiliki upah di bawah Rp3,5 juta. Basis data penerima BSU juga masih menggunakan data pekerja/buruh peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Pemerintah mengalokasikan anggaran BSU 2022 sebesar Rp8,8 triliun dengan alokasi bantuan per penerima sebesar Rp1 juta. Adapun rincian terhadap kriteria dan mekanisme BSU 2022 ini sedang digodok oleh Kementerian Ketenagakerjaan," jelasnya.

Jika mengacu BLT subsidi gaji tahun lalu, ada lima syarat yang harus dipenuhi. Berikut 5 syarat penerima BLT subsidi gaji

1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan kepemilikan NIK

2. Peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan s/d Juni 2021

3. Mempunyai Gaji/Upah paling banyak sebesar Rp3,5 juta. Pekerja/Buruh bekerja di wilayah dengan upah minimum provinsi atau kabupaten/kota lebih besar dari Rp3.500.000 maka persyaratan Gaji/Upah tersebut menjadi paling banyak sebesar upah minimum kabupaten/kota dibulatkan ke atas hingga ratus ribuan penuh. Sebagai contoh: Upah minimum Kabupaten Karawang sebesar Rp4.798.312 dibulatkan menjadi Rp4.800.000

4. Bekerja di wilayah PPKM Level 3 dan Level 4 yang ditetapkan pemerintah

5. Diutamakan yang bekerja pada sektor industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, perdagangan & jasa kecuali Pendidikan dan Kesehatan (sesuai klasifikasi data sektoral BPJSTK).

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini