Share

Sumber Kekayaan Alexander Tedja, Pemilik Tunjungan Plaza Berharta Rp17,1 Triliun

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 13 April 2022 21:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 13 455 2578661 sumber-kekayaan-alexander-tedja-pemilik-tunjungan-plaza-berharta-rp17-1-triliun-BnD9n3bEEs.jpg Tunjungan Plaza Kebakaran. (Foto: Okezone.com/MPI)

JAKARTA - Tunjungan Plaza Surabaya menjadi perhatian usai kebakaran sore ini. Mal ini dimiliki oleh salah satu orang terkaya Indonesia, Alexander Tedja melalui PT Pakuwon Jati Tbk.

Alexander Tedja terbolang sukses dalam bidang properti dan retail. Dengan harta kekayaan USD1,2 Miliar atau setara Rp17,1 triliun, Alexander masuk dalam 50 besar orang terkaya Indonesia.

Selain Tunjungan Plaza, Alexander Tedja memiliki beberapa mal seperti Mall Blok M, Mall Gandaria City hingga Pakuwon Mall.

Baca Juga: Kebakaran, Operasional Tunjungan Plaza 5 Tak Terganggu

Mengutip laman resmi Pakuwon Jati, Alexander lahir di Medan, 22 September 1945. Dirinya diketahui memulai karir di bidang perfilman dengan PT ISAE Film sejak 1972, PT Pan Asiatic Film sejak 1991, dan PT Menara Mitra Cinema Corp. sejak 1977.

Alexander mulai merambah bisnis properti dengan mendirikan Pakuwon Jati, perusahaan pengembang real estate dan mal, tahun 1982. Saat memulai Pakuwon Jati, dia membeli sebidang tanah di Jalan Basuki Rahmat, Surabaya dan memulai proyek Plaza Tunjungan I.

Proyek ini terus berlanjut dengan dibangunnya Plaza Tunjungan II dan III, Sheraton Surabaya Hotel & Tower, Menara Mandiri, Kondominium Regensi hingga Plaza Tunjungan IV. Secara bertahap, proyek ini menjadi superblok pertama di kota Surabaya, superblok Tunjungan City.

Tahun 1994, dia memulai mengembangkan kawasan hunian di Surabaya, Pakuwon City. Tidak berhenti di Surabaya, pada tahun 2007, Alexander memperluas bisnis propertinya ke Jakarta dengan mengakuisisi 83,3% saham PT Artisan Wahyu, pengembang superblok Gandaria City, Jakarta.

Baca Juga: Breaking News! Tunjungan Plaza Surabaya Kebakaran, Pengunjung Histeris

Selanjutnya Pakuwon Group juga membangun Kota Kasablanka yang berada di daerah perluasan Rasuna Said, Kuningan, yang juga termasuk Central Business District (CBD) Jakarta dan membangun properti multifungsi di atas lahan seluas 4,2 hektar di koridor TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Tak hanya itu, melalui anak perusahaan Pakuwon Jati , PT Pakuwon Permai, dia juga dan mengembangkan superblok Supermal Pakuwon Indah, pusat belanja Royal Plaza (keduanya di Surabaya), pusat belanja Blok M Plaza, dan apartemen servis Somerset Berlian (keduanya di Jakarta).

Untuk diketahui, Tunjung Plaza merupakan salah satu pusat perbelanjaan atau mal terbesar di Surabaya. Ini merupakan salah satu mal yang dikelola PT Pakuwon Jati.

Mengutip data Pakuwon, Rabu (13/4/2022), Tunjungan Plaza 1-6 adalah pusat perbelanjaan terbesar di Jawa Timur dengan luas lantai kotor dan luas lantai yang disewakan mencapai 360.876 m2 dan 148.476 m2.

Berlokasi strategis terletak di jantung daerah pusat bisnis Surabaya dengan tenant berkualitas menjadikan pengalaman berbelanja yang unik dan pilihan bervariasi dari lebih 550 toko ritel, restoran, toko buku, department store dan supermarket, seperti Sogo Department Store, Matahari Department Store, Hero Supermarket, Ace Hardware, Informa Furnishings Home, Toys Kingdom dan Cinema XXI.

Sebagai tempat pilihan favorit di Surabaya, Tunjungan Plaza menyelenggarakan berbagai acara menarik, peluncuran produk dan pameran sepanjang tahun serta meningkatkan pengalaman belanja dan gaya hidup dengan fasilitas convention center dan atriumnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini