Share

Viral Video Cuci Uang Lama Jadi Baru, Begini Reaksi BI

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 26 April 2022 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 26 320 2585335 viral-video-cuci-uang-lama-jadi-baru-begini-reaksi-bi-EKVadhviY0.jpg BI Ingatkat Masyarakat Rupiah Jangan Dicuci. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mengimbau masyarakat untuk tidak membahasi uang Rupiah apalagi mencucinya. Hal ini menjawab viralnya video mencuci uang lama supaya menjadi bersih lagi.

Direktur Departemen Komunikasi BI Junanto Herdiawan mengatakan, masyarakat diimbau untuk menjaga uang Rupiah dengan baik. Caranya ada lima dalam merawat dan menjaga Rupiah supaya keasliannya mudah dikenali.

Pertama, Rupiah jangan dilipat agar tidak lusuh. Kedua, jangan dicoret untuk jaga kebersihan. Kemudian ketiga, jangan distapler untuk jaga keutuhannya.

Baca Juga: Viral Video Cuci Uang Lama Jadi Baru, Pakai Sabun hingga Disetrika

"Keempat, jangan diremas dan kelima jangan dibasahi," ujarnya, Selasa (26/4/2022).

Menurutnya, apabila masyarakat menginginkan uang lembaran baru untuk Hari Raya Idul Fitri, BI telah menyediakan berbagai kemudahan dalam penukaran uang.

"BI bekerjasama dengan perbankan, telah menyedikan lebih dari 5.000 titik penukaran uang di seluruh Indonesia. Masyarakat dapat mendapatkan informasi layanan kas keliling melalui https://pintar.bi.go.id/Order/KasKeliling," ujarnya.

Sebelumnya, beredar video yang menunjukan uang lama bisa dibuat kembali baru layaknya uang baru. Uang tersebut pun bisa dibagikan dalam perayaan Hari Raya Lebaran.

Baca Juga: Viral Oknum Polisi di Bogor Denda Pengendara Motor Rp2,2 Juta, Ini Faktanya

Dalam TikTok yang diunggah Bindia Tamayo menunjukan bahwa uang busuk bisa baru lagi. Dia oun memperlihatkan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat uang menjadi baru lagi.

Terlihat ada pembersih pakaian, air, baskom dan uang lama. Kemudian uang dimasukan ke dalam air yang sudah dicampur pembersih pakaian tersebut.

"Mulai dari uang haram sampai uang halal semua dicuci. Diamkan dua jam atau seharian agar semua kuman-kumannya hilang," ujar Video tersebut

Dirinya pun memperingatkan supaya menjaga uang selama proses pencucian tersebut dari hal-hal yang merugikan. Misal diambil orang lain atau hal lainnya.

"Selama peredaman kalian harus menjaganya agar tidak hilang atau diambil tetangga," ujarnya.

Setelah perendaman, uang disikat dengan sikat gigi secara perlahan supaya uang tidak rusak atau sobek. Kemudian bilas uang dan letakan di baskom kosong.

Uang yang tadi sudah dicuci bersih pun kemudian dikeringkan atau dijemur. Setelah mengering, uang tersebut digosok atau diseterika.

"Hati-hati dalam menyeterika supaya uang tidak gosong. Dan supaya harus kasih juga parfum saat seterikanya," tuturnya.

"Uang baru lecek sudah baru dan siap untuk dibagikan ke tetangga sebelah," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini