Share

Muncul Usulan Subsidi Langsung Atasi Masalah Penyaluran BBM

Antara, Jurnalis · Minggu 01 Mei 2022 21:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 01 320 2588064 muncul-usulan-subsidi-langsung-atasi-masalah-penyaluran-bbm-vcGfqyABT7.jpg BBM Subsidi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Lonjakan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) karena membludaknya pemudik Lebaran 2022 menjadi momentum yang tepat bagi pemerintah untuk tidak ragu menjalankan kebijakan subsidi langsung dalam penyaluran BBM.

Kebijakan tersebut diyakini bisa menjadi solusi utama untuk menyelesaikan masalah penyaluran BBM yang sudah terjadi bertahun-tahun, kata pengamat energi yang juga Direktur Eksekutif Indonesian Resources Studies (Iress) Marwan Batubara.

Dia mengatakan sudah terlalu banyak masalah yang ditimbulkan dari mekanisme penyaluran BBM bersubsidi seperti sekarang. Salah satu buktinya, pemerintah menambah kuota Solar subsidi dari 15 juta kiloliter (kl) menjadi 17 juta kl. Sedangkan Pertalite yang menjadi BBM penugasan ditingkatkan kuotanya dari 23 juta menjadi 28 juta kl.

“Kebijakan pemerintah saat ini yang memberikan subsidi kepada produk BBM dapat dipahami tapi cara tersebut justru menyulitkan pemerintah sendiri,” ujar Marwan dikutip Antara, Minggu (1/5/2022).

Menurut Marwan, pemerintah tidak perlu membandingkan dengan negara seperti Arab Saudi atau negara yang bisa produksi minyak dalam jumlah besar.

Pemerintah hanya tinggal menerapkan harga dengan prinsip keekonomian yang jelas setelah mempertimbangkan berbagai komponen pembentuk harga seperti harga bahan mentah, harga impor crude oil, ditambah biaya pengilangan, biaya penyimpanan. Belum lagi ada biaya distribusi, margin dan pajak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini