Share

Orang RI Kini 'Hijrah' ke Pertalite Gegara Harga Pertamax Naik

Athika Rahma, Jurnalis · Rabu 11 Mei 2022 19:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 11 320 2592620 orang-ri-kini-hijrah-ke-pertalite-gegara-harga-pertamax-naik-Q5obPoEA27.jpg Peralihan Pengguna Pertamax ke Pertalite. (Foto : Okezone.com/Pertamina)

JAKARTA - Konsumsi BBM selama masa mudik meningkat tajam. Khusus untuk Pertalite dengan meningkat hingga 46%.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution mengatakan, peningkatan konsumsi Pertalite diakui berasal dari masyarakat yang biasa menggunakan Pertamax.

Baca Juga: Konsumsi Naik 46%, Pertalite Jadi Incaran Pemudik Lebaran 2022

"Kami akui bahwasanya sudah ada shifting dari Pertamax ke Pertalite sebelum arus mudik ini, yaitu ketika adanya kenaikan harga Pertamax," ungkap Alfian dalam konferensi pers, Rabu (11/5/2022).

Namun, Alfian tidak merinci seberapa besar peralihan penggunaan jenis BBM tersebut. "Shifting ada berapa persen gitu," ungkapnya.

Baca Juga: Cetak Rekor Tertinggi! Harga BBM di AS Mahal Banget Gegara Perang

Alfian menjelaskan, tahun ini, arus mudik memang lebih tinggi dibanding tahun lalu. Dirinya mengakui distribusi BBM selama masa mudik cukup menantang karena kondisi jalan yang padat.

"Peningkatan konsumsinya memang di luar dugaan kami dari estimasi awal 11%, apalagi di H-2 dan H+3 dan H+5," ungkapnya.

Lebih lanjut, untuk area-area yang konsumsi BBM-nya naik ialah Brebes, Kebumen, Tegal, hingga Cirebon. Untuk di luar Jawa utamanya di sekitar Lampung, Sumatera Selatan dan Sumatera Barat.

Pertamina sendiri sudah menyiagakan layanan tambahan seperti SPBU siaga, agen LPG siaga, SPBU modular, motoris dan lainnya. Hal yang sama tidak hanya dilakukan di jalur tol namun juga jalur non tol.

"Ini berfungsi baik sehingga tidak ditemukan SPBU yang kosong atau kemacetan signifikan disebabkan antrian BBM," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini