Share

Ingin Bebas Antre? Bayar Pajak Kendaraan Via Tokopedia Saja

Yaomi Suhayatmi, Jurnalis · Selasa 17 Mei 2022 17:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 11 2595608 ingin-bebas-antre-bayar-pajak-kendaraan-via-tokopedia-saja-IwQZm8sPEY.jpg Ilustrasi. (Foto: okezone.com/Freepik)

Pemilik kendaraan baik motor maupun mobil memiliki kewajiban untuk membayar pajak kendaraan bermotor (PKB), yang dibayarkan bersamaan dengan perpanjang STNK per satu tahun. Pemilik kendaraan wajib bayar pajak kendaraan bermotor agar tidak dikenakan denda.

Pajak kendaraan bermotor merupakan jenis pendapatan provinsi yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Bagi pemilik kendaraan bermotor yang mau membayar pajak motor atau mobil kini semakin mudah, lho.


Di samping mendatangi kantor Samsat di wilayah masing-masing atau Samsat keliling, Anda juga dimudahkan dengan membayar pajak motor secara online. Pembayaran pajak motor atau mobil secara online bisa Anda lakukan lewat marketplace Tokopedia yang menyediakan layanan e-samsat.

Apalagi saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung. Pembayaran pajak kendaraan lebih baik dilakukan di rumah saja untuk menghindari kerumunan. Pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui aplikasi Tokopedia bisa menjadi alternatif bagi pemilik kendaraan bermotor. Anda bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan kapan saja dan di mana saja.

Dengan fitur Samsat Online pemilik kendaraan bermotor bisa langsung menikmati kemudahan cek tagihan dan bayar pajak mobile online PKB melalui Samsat Online di Tokopedia. Fitur layanan ini adalah hasil kerjasama dengan layanan perpajakan di Indonesia untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi pembayaran PKB.

Jadi, Anda tidak perlu lagi membuang waktu berhargamu dengan antre berjam-jam di kantor Samsat karena sekarang bisa bayar pajak motor online melalui Samsat Online hanya dengan beberapa sentuhan jari. Praktis, bukan?

Berikut cara membayar pajak kendaraan melalui aplikasi di Tokopedia.

1. Unduh aplikasi Tokopedia di Play Store atau App Store.

2. Daftar atau log in.

3. Pilih menu “Top-Up & Tagihan” Scroll ke bawah pilih “Layanan Pemerintah Klik “E-samsat” Isi wilayah, nomor polisi, nomor mesin, dan NIK.

4. Kemudian klik “Cek Tagihan” Halaman akan menampilkan kode bayar, detail kendaraan, rincian jumlah tagihan, dan biaya admin.

5. Apabila kode bayar belum muncul, masukan kode bayar secara manual.

6. Cek kembali apakah data sudah benar dan sesuai.

7. Masukkan kode promo jika ada Klik “Pilih pembayaran”.

8. Lakukan pembayaran sesuai metode yang dipilih dan ikuti instruksi sampai proses pembayaran sukses. Anda dapat memilih metode pembayaran melalui internet banking, kartu kredit, atau metode pembayaran instan seperti e-Pay BRI, Mandiri Clickpay, Klik BCA. Anda juga dapat membayar tagihan melalui Tokopedia lewat Alfamart maupun Indomaret.

9. Setelah pembayaran pajak sukses, Anda akan menerima notifikasi SMS dari Samsat yang berisikan situs untuk mengunduh E-TBPKB (Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran) terbaru.

10. Setelah menerima bukti pelunasan tersebut, Anda wajib mencetak bukti tersebut dan melakukan validasi atau pengesahan di kantor cabang Samsat terdekat.

Nah, sekarang sudah paham kan bagaimana cara membayar pajak kendaraan secara online lewat Tokopedia. Jadi, tunggu apalagi, segera bayar pajak kendaraan Anda untuk menghindari denda dengan mudah, aman, dan nyaman lewat Tokopedia.

CM

(Wul)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini