Share

Bulog Ditugaskan Beli Gabah Kering Panen Rp4.200/Kg

Suparjo Ramalan, iNews · Senin 30 Mei 2022 19:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 30 320 2602768 bulog-ditugaskan-beli-gabah-kering-panen-rp4-200-kg-eRtPSYQN99.jfif Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo. (Foto: Okezone.com/BUMN)

JAKARTA - Kepala Badan Pangan Nasional atau National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi menugaskan BUMN Pangan dan pelaku usaha menyerap Gabah Kering Panen (GKP) pada harga Rp4.200 per kilogram (Kg). Langkah ini untuk menjaga harga gabah di tingkat petani.

“Agar gabah petani tidak jatuh, pelaku usaha maupun BUMN pangan, Bulog diharapkan dapat meningkatkan serapan gabah sesuai acuan yang ditetapkan pemerintah Rp4.200 per kg untuk GKP," ujar Arief, Senin (30/5/2022).

Baca Juga: Harga Anjlok, Petani Jual Wortel Seikhlasnya

Menurutnya, serapan gabah di harga acuan pemerintah dapat menguatkan stok pangan nasional, membantu menjaga ketersediaan beras dan stabilitas harga, hingga menyejahterakan petani.

Arief mencatat serapan gabah dapat melalui skema Cadangan Beras Pemerintah (CBP) maupun B2B atau Komersial.

Baca Juga: Profil Sri Sundani Jaladara, Mantan TKW Anak Petani yang Mendunia

“Kita lihat di beberapa negara seperti India, Vietnam dan Thailand yang berencana membatasi ekspor bahan pokok, oleh karenanya perlunya penguatan stok pangan nasional dengan sistem Dynamic Stock," kata dia.

Arief juga mengungkapkan harapan para petani yang diwakili oleh Perpadi Yogyakarta, di mana, Bulog dapat menyalurkan beras melalui skema sosial seperti Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), penanggulangan bencana, dan skema sosial lainnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

“Saya mendengar beberapa masukan dari teman - teman Perpadi, mereka berharap pemerintah dapat menjaga harga gabah petani, melalui BUMN Bulog maupun penggiat pangan lainnya, dengan begitu pemerintah memiliki stok pangan yang kuat dan petani pun sejahtera," tutur dia.

Secara terpisah, Direktur Utama BULOG Budi Waseso mengatakan komitmennya ihwal menyerap gabah atau beras petani. Hal ini sekaligus mengantisipasi anjloknya harga gabah di tingkat petani.

Dia memastikan pangan pokok yang tidak bisa ditunda adalah komoditas beras. Karenanya, pihaknya menjamin pangan beras tetap kuat dengan penguatan stok beras yang ada di gudang Bulog di seluruh Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini