Share

Tiket Rp750.000 Ditunda, Naik Candi Borobudur Sekarang Bisa?

Feby Novalius, Jurnalis · Jum'at 10 Juni 2022 05:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 09 320 2608721 tiket-rp750-000-ditunda-naik-candi-borobudur-sekarang-bisa-nrBxCitAGe.jpg Tiket Naik Candi Borobudur Rp750.000 Ditunda. (Foto: Okezone.com/Feby Novalius)

JAKARTA - Tiket naik Candi Borobudur Rp750.000 ditunda hingga satu tahun ke depan. Namun apakah dengan tiket saat ini masih bisa naik ke atas untuk lihat stupa?

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan penetapan harga tiket masuk Borobudur yang sebesar Rp750 ribu didasarkan pada studi mendalam.

"Jadi mengenai Borobudur, kita bikin studi komprehensif dengan UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) di situ, dan angka itu keluar. Tapi karena ribut semua, kita tunda itu," kata Luhut.

Luhut menyatakan bahwa rencana penundaan pemberlakuan kenaikan harga tiket Candi Borobudur akan ditunda selama satu tahun.

Luhut menilai saat ini pemerintah tengah akan mengkaji dan melakukan evaluasi terkait pengelolaan Candi Borobudur lebih mendalam dan komperhensif.

Sementara itu, Borobudur telah mengalami pengurangan ketinggian dan kerusakan sehingga jumlah pengunjung akan dibatasi sebanyak tidak lebih dari 1.200 orang per hari sebagaimana disarankan UNESCO.

Dengan pembukaan jalan tol yang akan melintasi wilayah Borobudur ke depan, Luhut memperkirakan sekitar 26 juta pengguna jalan akan melewati dan berpotensi mengunjungi Borobudur.

"Jadi dengan kita buka jalan tol sekarang, itu satu tahun akan masuk 26 juta orang, berapa juta bisa masuk ke Borobudur," katanya.

Baca Selengkapnya: Tiket Naik Candi Borobudur Rp750.000 Ditunda, Luhut: Ribut Semua

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini