Share

Jelang Idul Adha, Badan Pangan Pastikan Harga Daging Sapi Stabil di Pasaran

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Minggu 19 Juni 2022 21:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 19 320 2614350 jelang-idul-adha-badan-pangan-pastikan-harga-daging-sapi-stabil-di-pasaran-BRVZ8ZqQfl.jpg Daging Sapi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Badan Pangan Nasional atau National Food Agency (NFA) memastikan tidak terjadi kenaikan harga daging sapi menjelang Lebaran Idul Adha 2022. Saat ini kenaikan harga daging sapi mulai terjadi di sejumlah daerah.

Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi mengatakan harga daging sapi menjelang Lebaran Idul Adha tahun ini akan stabil. Kasus di Jabodetabek dan Bandung Raya harga saat ini berada di kisaran di bawah Rp160.000.

"Kalau kita lihat kemarin jelan Lebaran ada beberapa pengamat mengatakan harga sapi akan jadi Rp 200.000 itu tidak akan terjadi, Alhamdulillah. Jadi harga sapi di Jakarta, Bandung raya dan sekitarnya itu kalau kita lihat kemarin masih di bawah 160.000," ujar Arief saat ditemui di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Minggu (19/6/2022).

Pemerintah melalui Kementerian Pertanian, Badan Pangan Nasional, Kementerian Perhubungan, dan Holding BUMN Pangan (ID Food) terus melakukan distribusi sapi hidup. Distribusi dilakukan dari sentra produksi ke daerah konsumen seperti kawasan Jabodetabek dan Bandung Raya.

Per hari ini, ada 450 ekor sapi hidup yang didatangkan dari Parepare, Sulawesi Selatan. Arief memastikan jumlah sapi akan terus didatangkan.

Tercatat, PT Berdikari (Persero) selaku anggota Holding BUMN Pangan memiliki stok hewan ternak mencapai 1.464 ekor sapi yang tersebar di wilayah Jawa Barat dan Sulawesi Selatan. Berdikari sendiri telah bekerjasama dengan Balai Karantina Hewan (BKH) untuk mencegah penyebaran penyakit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) saat proses mobilisasi sapi.

"Alhamdulillah pada sore hari ini kita telah menerima 450 ekor sapi dari Parepare. Ini luar biasa kolaborasi antara beberapa kementerian, lembaga, dan juga BUMN. Ada Kementan, Kemenhub, Badan Pangan Nasional, dan pemerintah daerah seperti dan DKI Jakarta dan Sulawesi Selatan," katanya.

ID Food pun telah melakukan beberapa langkah untuk mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku ini.

Direktur Utama PT Berdikari Harry Warganegara menyampaikan bahwa untuk menjaga ketersediaan stok ternak jelang Idul Adha, anggota Holding Pangan Berdikari melakukan pendistribusian ternak dengan bantuan tol laut yang digagas Kementerian Perhubungan dan sinergi dengan Badan Pangan Nasional.

“Pada Juni ini, Berdikari melakukan importasi daging sapi beku asal Brasil di mana sampai dengan Juni ini akan masuk sebanyak 4.250 ton. Adapun Berdikari telah melakukan pemesanan sebanyak 9.092 ton daging beku boneless," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini