Share

Penyaluran KUR Terealisasi Rp147,7 Triliun hingga Mei 2022

Michelle Natalia, Sindonews · Senin 20 Juni 2022 16:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 20 320 2614876 penyaluran-kur-terealisasi-rp147-7-triliun-hingga-mei-2022-HRrgnfYrio.jpg Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenko Perekonomian)

JAKARTA - Pemerintah terus melanjutkan program Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN). Untuk PEN, Pemerintah tetap memberi perhatian yang serius terhadap sektor UMKM.

Pengembangan UMKM merupakan prasyarat utama untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia karena pada setiap periode krisis, UMKM dapat menyumbang 61 persen terhadap PDB nasional.

Lebih lanjut, Airlangga menjelaskan bahwa peningkatan akses pembiayaan juga menjadi salah satu strategi pengembangan UMKM, yaitu dengan program pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

โ€œKami sangat mengapresiasi peran Bapak/Ibu Bupati dan Walikota atas dukungan untuk tersalurnya berbagai skema KUR di wilayah masing-masing pada tahun 2022 ini. Sehingga total realisasi penyaluran KUR nasional sampai dengan 31 Mei 2022 sebesar Rp147,7 triliun atau 39,6 persen dari target yang telah diberikan kepada 3,18 juta debitur,โ€ lanjut Airlangga.

Pembangunan infrastruktur juga merupakan komponen yang vital dalam mendorong pemulihan ekonomi. Oleh karena itu, Pemerintah tetap melanjutkan Program Proyek Strategis Nasional (PSN) pada tahun 2022.

Airlangga mengungkapkan sejak tahun 2019, masyarakat Indonesia telah mendapatkan manfaat dari beroperasinya beberapa infrastruktur PSN. Beberapa contoh bentuk dukungan dalam optimalisasi PSN di Kabupaten/Kota di antaranya adalah pembangunan Kawasan Industri, Pariwisata dan ekonomi di sepanjang jalan Tol Trans Sumatera dan Trans Jawa, pelebaran dan perbaikan jalan daerah di sekitar akses keluar jalan Tol PSN.

Serta dukungan dalam percepatan penerbitan perizinan, pengadaan tanah aset Pemerintah Daerah, Tanah Kas Desa, dan administrasi lainnya.

โ€œAgar pembangunan PSN dapat optimal, diharapkan agar setiap daerah dapat mengidentifikasi sektor unggulan yang memiliki potensi untuk mengungkit perekonomian dan mendukung optimalisasi Proyek Strategis Nasional, khususnya pada tingkat Kabupaten/Kota,โ€ pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini