Share

Mau Raih Kebebasan Finansial di Usia Muda? Hindari 4 Kesalahan Finansial Ini

Diana Purnamasari, Jurnalis · Jum'at 24 Juni 2022 08:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 24 622 2617283 mau-raih-kebebasan-finansial-di-usia-muda-hindari-4-kesalahan-finansial-ini-jxnLeo7pVf.jfif Tips Keuangan Bagi Milenial. (Foto: Okezone.com/MotionBanking)

JAKARTA - Kesulitan dalam mengatur keuangan kerap kali dialami oleh generasi muda, terutama yang berada pada usia 20 - 30an. Biasanya, di rentang usia ini, seseorang baru mulai bekerja dan memiliki penghasilan sendiri sehingga mudah tergoda euforia untuk mengutamakan gaya hidup. Tidak jarang mereka kesulitan untuk mengelola keseimbangan antara pengeluaran, pendapatan, dan menabung.

Kesulitan dalam mengelola keuangan yang dialami di usia 20an tanpa disadari akan mengakibatkan kesulitan finansial pada waktu yang mendatang. Selain perlu merencanakan keuangan dengan cermat, ada beberapa kesalahan finansial yang perlu dihindari oleh para generasi muda.

Baca Juga:Ā Cepat dan Mudah, dari Rp200 Ribu Sudah Bisa Buka Deposito di MotionBanking, Ini Caranya

Yuk simak 4 kesalahan finansial yang perlu Anda hindari berikut ini:

1. Membeli barang branded yang tidak diperlukan

Hal yang bisa menjadi salah satu kesalahan finansial di usia muda adalah berbelanja secara impulsif. Tanpa memikirkan dampak atau efek kedepannya serta tidak menyesuaikan dengan kebutuhan, belanja secara impulsif seringkali menjadi masalah yang tidak disadari oleh generasi muda.

Misalnya saja, ketika Anda terbiasa untuk berbelanja barang branded yang bukan merupakan kebutuhan, maka bisa mengakibatkan kecenderungan hidup boros bahkan mengakibatkan Anda jatuh ke dalam kebiasaan berhutang.

2. FOMO (Fear of Missing Out)

Kebiasaan hidup yang didasarkan oleh sindrom FOMO berkaitan dengan psikologi manusia yang memunculkan perasaan iri, terkucil bahkan menyalahkan diri sendiri karena tidak mampu untuk mengikuti gaya hidup lingkungan sekitarnya.

Baca Juga:Ā Mau Jadi Kaya? Kenali 3 Jenis Pendapatan yang Harus Anda Miliki

Jika seseorang tidak mengatasi rasa takut akan ketinggalan tren terkini, maka bisa mengakibatkan pengelolaan keuangan yang berantakan karena terus memaksakan diri untuk mengikuti gaya hidup yang tidak diinginkan dan melebihi kapasitas yang dimiliki.

3. Tidak mengalokasikan dana darurat

Usahakan untuk memiliki dana simpanan darurat sejak usia muda. Dana darurat dapat digunakan untuk keperluan mendadak yang tidak Anda prediksi sebelumnya.

Sehingga, apabila terjadi kebutuhan dadakan yang mendesak maka Anda tidak perlu lagi mengambil dana dari tabungan ataupun meminjam dari pihak lain, namun dengan menggunakan dana darurat yang sudah Anda sisihkan.

4. Tidak memiliki investasi dan tidak bijak dalam melakukannya

Berinvestasi sejak usia muda memang disarankan. Namun, sebelum terjun ke dunia investasi ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu seluk beluk dan fundamental dari investasi yang akan Anda pilih. Pastikan Anda memahami semua hal tentang investasi termasuk resikonya sebelum Anda memutuskan untuk menanam uang.

Beberapa kesalahan finansial tersebut memang perlu diketahui dan dihindari oleh generasi muda. Untuk memberikan pemahaman lebih luas terkait dengan tema ini, MotionBanking bersama dengan PT POS Indonesia, dengan pembicara Bismo Ariobowo sebagai Public Relation Manager dan Maria Rosalina Ekaputri sebagai Head of Marcom & Partnership dari MotionBanking, diharapkan podcast ini dapat menambah wawasan masyarakat terkait dengan literasi keuangan.

Tidak hanya itu saja, dengan mengikuti podcast ini, Anda berkesempatan untuk mendapatkan hadiah giveaway berupa 2 buah smartphone untuk 2 orang pemenang. Untuk info lebih lanjut bisa dilihat di Youtube channel MotionBanking dan POS Indonesia melalui laman berikutĀ bit.ly/POSCAST

Jangan lupa untuk buka rekening tabungan di MotionBanking dengan cara mengunduh aplikasi MotionBanking di Google PlayStore dan Apple AppStore melalui tautanĀ bit.ly/downloadMotionBanking, kemudian masyarakat cukup mengisi data diri dan menggunggah selfie bersama dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Untuk informasi dan syarat ketentuan lebih lanjut dapat mengunjungi situsĀ www.motionbanking.idĀ ataupun menghubungi MNC Bank melalui call center di nomor 1500188, Whatsapp di nomorĀ 0888-888-8888, ataupun melalui e-mail di alamatĀ cs@motionbanking.idĀ dan Instagram di @motionbankingid.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini