Share

Dapat Link Isi Data Bansos? Jangan Main Asal Buka Ya!

Bella Hariyani, Jurnalis · Sabtu 25 Juni 2022 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 25 622 2618055 dapat-link-isi-data-bansos-jangan-main-asal-buka-ya-AGu4xGYF5O.JPG Bansos. (Foto: Freepik)

JAKARTA – Kementerian Sosial (Kemensos) meminta masyarakat waspada terkait adanya link-link hoaks yang mengatasnamakan bantuan sosial (bansos) untuk mendapatkan data pribadi.

Apalagi di era digital saat ini banyak informasi hoaks yang tersebar melalui situs-situs di media sosial.

Menanggapi hal tersebut, Kemensos melalui akun Instagram, meminta masyarakat harus lebih waspada dan pintar dalam membaca informasi.

 BACA JUGA:Anggaran Bansos Cair Rp157,9 Triliun hingga Mei 2022

“Di era digital seperti saat ini banyak situs hoaks terkait bansos yang mengatasnamakan @kemensosri,” tulis akun @kemensosri yang dikutip, Sabtu (25/06/2022)

Oleh karena itu, sebelum membuka atau menulis data dalam link, pastikan untuk mencari informasi melalui sumber yang valid.

Seperti contohnya, media sosial resmi dari kementerian atau lembaga terkait dan website resmi dari pemberi bantuan sosial (Bansos).

Jangan asal mengirimkan berkas yang berisikan data pribadi ke situs yang tidak terpercaya, seperti foto E-KTP, swafoto dengan KTP lampiran kartu keluarga (KK), Kartu NPWP, atau lain hal yang menyangkut data diri.

Karena hal tersebut bisa jadi modus yang akan menimbulkan indikasi :

- Penyalahgunaan data

- Penjualan data NIK KTP

- Pembobolan rekening keuangan

"Menyebarkan data yang asal juga tidak hanya terkait bantuan sosial saja, namun di mana pun kalian menemukan situs yang tidak valid informasinya," tambah Kemensos.

Masyarakat diharapkan dapat selalu teliti agar terhidar dari modus-modus penipuan yang merugikan data pribadi.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini