Share

Tangani Wabah PMK, Sri Mulyani Siapkan Duit Beli Vaksin, Vitamin hingga Kompensasi Bantu Peternak

Michelle Natalia, Sindonews · Kamis 30 Juni 2022 10:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 30 320 2620839 tangani-wabah-pmk-sri-mulyani-siapkan-duit-beli-vaksin-vitamin-hingga-kompensasi-bantu-peternak-p8f7r6PuL3.jpg Sri Mulyani Usai Rakor Bahas Ketersediaan Pangan dan Penanganan PMK. (Foto: Okezone.com/Kemenkeu)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa APBN diandalkan dalam menangani wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang melanda di Indonesia. APBN pun digunakan untuk vaksin PMK hingga memberikan kompensasi kepada hewan ternak yang terkena virus.

Keputusan ini pun diambil dalam rapat mengenai Ketersediaan Pangan dan Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kantor Menko Perekonomian. Hadir dalam rapat tersebut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Kepala Bulog Budi Waseso, dan Kepala BNBP Suharyanto dan Kepala Badan Pangan Nasional Arif Prasetyo. Adapun Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo hadir virtual.

Baca Juga: Pemerintah Ganti Rugi Hewan yang Mati Akibat PMK, Begini Respons Peternak

"Bincang-bincang bersama Menko @airlanggahartarto_official dan Kepala Bulog Budi Waseso Kepala BNBP Suharyanto dan Kepala Badan Pangan Nasional Arif Prasetyo setelah rapat mengenai Ketersediaan Pangan dan Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku di Kantor Menko Perekonomian," ujar Sri dalam akun Instagramnya @smindrawati pada Kamis(30/6/2022).

Sri Mulyani mengatakan, dunia sedang menghadapi krisis pangan yang harus diantisipasi dan dikelola dengan tepat, cepat dan hati-hati. Seluruh Kementerian dan Lembaga serta Pemerintah Daerah harus makin erat bekerjasama dan berkoordinasi.

Baca Juga: Ada Wabah PMK, Menag Terbitkan Edaran Pelaksanaan Kurban dan Sholat Idul Adha yang Aman

Dia mengatakan, Indonesia juga sedang berjuang menangani Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang binatang ternak (sapi, kerbau, kambing dan lainnya) dan menyebar di 23 provinsi.

Sri menyebut, APBN kembali diandalkan untuk menangani krisis pangan dan Penyakit Mulut dan Kuku, dari mulai menjaga stok pangan yang cukup, membeli vaksin dan obat PMK dan program vaksinasi pemberian vitamin bagi ternak, hingga dana cadangan untuk kompensasi pemusnahan ternak yang tidak tersembuhkan.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Dia pun menyoroti banyaknya guncangan besar terjadi di dunia saat ini, krisis pangan, krisis energi, potensi krisis keuangan dan geopolitik yang makin tegang dan rumit.

"Keuangan Negara- APBN #uangkita, uang dari pajak yang anda bayarkan selalu menjadi instrumen utama dan diandalkan dalam menjaga rakyat dan perekonomin Indonesia dari berbagai tantangan dan guncangan. APBN #uangkita, dari kita untuk kita, gotong royong menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia," tutup Sri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini