Share

Pasok Gas ke Kilang Balikpapan, Pertamina Siapkan Pipa Sepanjang 76 Km

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 08 Juli 2022 09:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 08 320 2625799 pasok-gas-ke-kilang-balikpapan-pertamina-siapkan-pipa-sepanjang-76-km-wRuJZcFZJb.jpg Pasokan gas ke Kilang Minyak Balikpapan (Foto: Reuters)

JAKARTA - Pertamina menyiapkan pipa gas sepanjang 76 km untuk memasok gas ke Kilang Balikpapan. Pipa gas diameter 20 inci tersebut akan digunakan untuk memasok gas ke Kilang Balikpapan dari pusat pengumpulan dan pengolahan gas di Senipah, Samboja, Kutai Kartanegara.

“Kapasitasnya 125 juta kaki kubik gas per hari,” kata Direktur Teknologi dan Infrastruktur PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) Achmad Muchtasyar dilansir dari Antara, Kamis (8/7/2022).

Infrastruktur pipa gas ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari proyek pengembangan Kilang Pertamina Balikpapan, Pipa gas ini menjadi jaminan Kilang beroperasi optimal.

Pada kesempatan terpisah Direktur Utama PT Pertamina Gas (Pertagas) Gamal Imam Santoso menyampaikan komitmennya untuk dapat menyelesaikan Proyek Pipa Gas Senipah-Balikpapan dengan baik.

“Komitmen kami adalah Kilang Pertamina Balikpapan mendapatkan infrastruktur pipa gas yang handal, efisien dan dapat beroperasi tepat waktu,” kata Imam.

Pipa sepanjang 78 km ini nantinya melintasi Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Balikpapan. Proyek Pipa Gas Senipah-Balikpapan juga mengutamakan pemanfaatan sumber daya dalam negeri secara optimal dengan tingkat TKDN sebesar 55%.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Direktur Utama PT Kilang Pertamina Balikpapan Feri Yani menyampaikan bahwa sinergi antaranak usaha Pertamina ini akan mendukung percepatan program pengembangan Kilang Pertamina Balikpapan.

Kilang Pertamina Balikpapan merupakan proyek strategis nasional yang bertujuan meningkatkan kapasitas pengolahan dan produksi kilang.

“Dengan sinergi ini kami yakin nanti Kilang Pertamina Balikpapan dapat meningkatkan produksi BBM dengan kuantitas dan kualitas optimal untuk kebutuhan di wilayah Indonesia Timur,” demikian Feri.

Sehari sebelumnya, para perusahaan subholding gas dan subholding Refining and Petrochemical Pertamina memulai pekerjaan proyek tersebut, ditandai dengan pengelasan pertama sambungan pipa di pergudangan Jalan Pulau Balang Km 13 Kota Balikpapan, Rabu 6/7.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini