Share

Ternyata 5 Negara Ini Gunakan Rupiah sebagai Alat Pembayaran, Kok Bisa?

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Selasa 12 Juli 2022 10:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 12 320 2627946 ternyata-5-negara-ini-gunakan-rupiah-sebagai-alat-pembayaran-kok-bisa-Atljae3q6Z.jpg 5 Negara Pengguna Rupiah sebagai Alat Pembayaran. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Ternyata ada lima negara yang juga menggunakan Rupiah sebagai alat pembayaran, selain Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Rupiah dikenal sebagai mata uang resmi di Indonesia. Akan tetapi, nyatanya Rupiah juga digunakan di beberapa negara sebagai alat pembayaran untuk bertransaski.

Lantas, lima negara yang juga menggunakan Rupiah sebagai alat pembayaran?

Dihimpun Okezone dari berbagai sumber, Selasa (12/7/2022), berikut lima negara yang juga menggunakan Rupiah sebagai alat pembayaran.

1. Papua Nugini

Papua Nugini juga masih menggunakan rupiah sebagai alat transaksi sahnya, selain Kina Papua Nugini yang jadi mata uang berlaku di negara tersebut.

Baca Juga: Arti Uang Cepek, Gopek, Seceng, Noceng, Goceng, Ceban, Gocap sampai Gotiao

Bukan akhirnya susah move on karena secara administrasi wilayah bagian Timur ini sudah tak lagi masuk daftar, bagian Indonesia. Akan tetapi adanya perbatasan antara Indonesia dan Papua Nugini, sehingga keduanya saling membutuhkan. Maka itu rupiah merupakan salah satu mata uang sah di negara tersebut.

2. Timor Leste

Meskipun secara administrasi sudah lama lepas dari wilayah Indonesia, dan bukan mata uang resminya tapi sebagian masyarakatnya masih menggunakan rupiah sebagai alat pembayaran dalam beberapa transaksi.

Baca Juga: Rupiah Rp15.000/USD, Masyarakat Buru-Buru Jual Dolar AS?

Hal ini dikarenakan, wilayah Timor Leste masih berada di area Indonesia. Sehingga memungkinkan masyarakatnya masih menggunakan rupiah. Tak hanya itu, dolar Amerika juga menjadi alat pembayaran selanjutnya.

3. Malaysia

Selanjutnya adalah Malaysia yang juga sebagian masyarakatnya menggunakan rupiah, sebagai mata uang transaksi selain ringgit.

Hal ini dikarenakan banyaknya pelancong asal Indonesia yang datang ke Negeri Jiran itu. Mulai dari liburan, urusan bisnis, hingga tenaga kerja Indonesia (TKI). Akan tetapi hanya beberapa kawasan saja yang menggunakan rupiah, misalnya di mall dan tempat menjual oleh-oleh.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

4. Thailand

Thailand jadi negara berikutnya yang menggunakan rupiah sebagai mata uang yang bisa dipakai, dan sah di negara tersebut selain bath. Ini karena banyaknya turis asal Indonesia yang melancong ke Thailand.

Sehingga para pengelola wisata hingga tempat menjual oleh-oleh, selalu menyediakan rupiah sebagai alat tukar transaksinya. Tak hanya itu, sebagian warga Thailand juga ada yang jago berbahasa Indonesia, lho.

5. Arab Saudi

Kelima adalah Arab Saudi yang menggunakan rupiah sebagai alat transaksinya selain riyal. Tentunya ini bisa Anda tebak sendiri, karena Indonesia sebagai salah satu negara yang tak pernah absen mengirimkan jamaah haji dan umrah ke Tanah Suci.

Selain itu juga banyak pekerja dan pedagang asal Indonesia di Arab Saudi. Maka apabila Anda berkesempatan pergi ke Arab, khususnya menjalankan haji atau umrah, tidak akan kesulitan untuk menukar rupiah. Banyak juga orang Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini