Share

Jangan Hanya Fokus Pinjam Dana, Masyarakat Wajib Cek Data Kredit

Anggie Ariesta, Jurnalis · Selasa 19 Juli 2022 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 19 320 2632391 jangan-hanya-fokus-pinjam-dana-masyarakat-wajib-cek-data-kredit-W4sFsvZjGP.jpg Pefindo (IdScore) jelaskan soal skor kredit untuk masyarakat. (Foto: Okezone/Zuhirna Wulan Dilla)

JAKARTA - Lembaga pengelola informasi perkreditan PT Pefindo Biro Kredit (IdScore) mengungkapkan akses kredit saat ini kian meningkat seiring dengan penurunan kasus Covid-19 dan perubahan gaya hidup masyarakat.

Adapun biro kredit menjadi penting saat individu ingin mengajukan pinjaman yang salah satunya adalah syarat skor kredit.

Skor kredit merupakan sistem penilaian kredit yang diberikan Lembaga Pengelola Informasi Kredit (LPIP) kepada nasabah untuk memudahkan bank atau jasa penyedia kredit lainnya dalam menyeleksi kemampuan calon nasabah melunasi pinjaman yang diberikan.

Perhitungan skor menggunakan data kredit yang salah satunya diperoleh dari Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menjadi sumber data kredit LPIP.

 BACA JUGA:Wujudkan Clean Bank, KB Bukopin Pangkas Kredit Macet dengan Transaksikan Penjualan NPL

Direktur Utama IdScore Yohanes Arts Abimanyu mengatakan, IdScore hadir untuk mengatasi permasalahan yang terjadi saat ini di masyarakat.

Di mana yang marak adalah setiap kali ada pengajuan kredit pasti ada kesulitan beberapa hal yang harus dilengkapi.

"Kredit tanpa BI Checking udah salah tuh, udah tutup BI Checking sejak 2018. Sekarang adanya OJK SLIK. Kehadiran biro kredit swasta ini diharapkan membantu masyarakat melalui kita bisa menyediakan data yang simetris," ujar Abimanyu saat Newsroom Visit ke MNC Portal Indonesia, Selasa (19/7/2022).

Mengenai data simetris, Abimanyu mencontohkan jika kita ingin pinjam di MNC Bank yang hanya diketahui kita pinjam di sana saja, padahal harusnya sudah tercatat pinjam di multifinance atau bank lain.

Sehingga IdScore ini hadir untuk memberikan data tersebut untuk individu yang ingin meminjam agar datanya lebih akurat.

"Kalau informasinya itu ada semua, ya diharapkan bisa membantu kredit bermasalah dan informasi ini diharapkan membantu lebih mudah analisis kredit," kata Abimanyu.

Sedangkan Direktur Bisnis IdScore, Wahyu Trenggono menegaskan bahwa harapan mereka adalah masyarakat mengerti skor kredit ini penting bagi ekosistem untuk memperoleh dana.

IdScore sebagai biro kredit swasta atau LPPI adalah entitas yang memiliki izin usaha dari OJK untuk melakukan kegiatan menghimpun dan mengolah data kredit dan data lainnya.

Hal itu guna menghasilkan informasi perkreditan yang komprehensif, lengkap, dan terintegrasi sebagai sumber informasi bagi lembaga keuangan.

Pengguna LPIP tersebut bisa dari Lembaga Keuangan, Lembaga Non Keuangan dan Masyarakat Umum. Selain itu, jenis Informasi yang disajikan berupa Informasi perkreditan debitur / nasabah untuk Ritel / Individu, Korporasi dan Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini