Share

Berhasil Ekspor ke New Zealand, Mendag: Bukti Kualitas Baja RI World Class

Advenia Elisabeth, MNC Portal · Selasa 26 Juli 2022 14:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 26 320 2636487 berhasil-ekspor-ke-new-zealand-mendag-bukti-kualitas-baja-ri-world-class-iiv2nTHMl1.JPG Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melakukan pelepasan ekspor baja struktur dan plat baja sebanyak 3.800 metrik ton milik PT Gunung Raja Paksi Tbk ke New Zealand.

Dia bangga dan bersyukur, meski ekonomi global tengah gonjang-ganjing namun industri baja di Indonesia semakin menggeliat.

"Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi pada pimpinan PT Gunung Raja Paksi Tbk beserta jajarannya yang terus bekerja keras meningkatkan ekspor produk baja Indonesia dan menjadi salah satu produsen baja terbesar nasional dan eksportir yang membanggakan," ujar Mendag di Cikarang, Selasa (26/7/2022).

 BACA JUGA:Mendag Senang RI Ekspor Baja ke Selandia Baru

Lebih lanjut dia menjelaskan, industri besi dan baja dikenal dengan sebutan mother of industries atau ibunya industri, karena produksinya digunakan untuk mendorong perkembangan industri lainnya.

Indonesia saat ini merupakan eksportir besi dan baja terbesar ke-10 dunia pada tahun 2021 dengan pangsa 3,37%.

Adapun tren pertumbuhan ekspor besi dan baja Indonesia dalam lima tahun terakhir adalah yang terbesar diantara 30 besar eksportir besi dan baja dunia, yaitu sebesar 49,3%.

"Selamat kepada kita semua atas capaian ini," imbuhnya.

Ketum PAN itu mengatakan, pada tahun 2021 nilai ekspor besi dan baja Indonesia ke dunia mencapai nilai USD21,4 miliar.

Nilai ini meningkat sebesar 90,2% dari nilai tahun 2020 sebesar USD11,2 miliar.

"Pada Periode Januari-Mei 2022, nilai ekspor besi dan baja Indonesia ke dunia sudah mencapai USD12,5 milyar, yang berarti nilai ini lebih tinggi 80,2% dari nilai di periode yang sama tahun sebelumnya yaitu USD6,9 miliar," paparnya.

Dia menyebut, pertumbuhan yang sangat signifikan ini merupakan bukti keberhasilan kebijakan hilirasasi industri baja yang ditetapkan oleh pemerintah.

Untuk diketahui, New Zealand saat ini memang belum tercatat sebagai negara tujuan utama ekspor besi dan baja Indonesia, namun Gunung Raja Paksi dapat menembus pasar potensial tersebut.

Adapun produk baja Gunung Raja Paksi telah digunakan di beberapa proyek bergengsi diantaranya perluasan Los Angeles Airport (Lax), Sydney Indoor Stadium, dan konstruksi pabrik Lucid Motors yang merupakan produsen kendaraan mewah berbahan bakar listrik di Amerika Serikat, dan beberapa proyek di New Zealand, diantaranya Metro Stadium Christchurch, University of Auckland Building 507, dan Waimakiri Bridge.

"Ini merupakan bukti pengakuan bahwa kualitas baja produksi Indonesia yang world class dan diterima dengan baik. Mohon capaian ini dijaga dan ditingkatkan," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini