Share

Bantu UMKM, Kementerian ATR Percepat Izin Lahan Usaha

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Kamis 04 Agustus 2022 13:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 04 320 2641929 bantu-umkm-kementerian-atr-percepat-izin-lahan-usaha-CZgZQD59HR.jpg Ilustrasi UMKM. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Direktorat Jenderal Tata Ruang terus melakukan upaya percepatan penetapan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).

Plt. Direktur Jenderal (Dirjen) Tata Ruang, Gabriel Triwibawa kepada kepala daerah yang telah merespons dengan baik atas bantuan teknis RDTR yang diberikan oleh Kementerian ATR/BPN.

Dia menegaskan upaya percepatan penetapan RDTR pihaknya tengah mengupayakan pada proses penerbitannya bakal di Integrasikan dengan sistem OSS (Online Single Submission).

 BACA JUGA:Menparekraf Beri Bantuan Modal Usaha untuk Mempercepat Produksi UMKM

"Kita sedang menggalakkan percepatan RDTR dan mengintegrasikan RDTR ini ke OSS sehingga penerbitan konfirmasi KKPR (Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang) dapat terbit dalam waktu satu hari kerja,” ujarnya dalam keterangan tertulis dikutip Kamis (4/7/2022).

Dengan begitu, dia berharap para pelaku usaha mendapatkan kemudahan perizinan berusaha.

Sehingga, dapat mendongkrak iklim investasi dan perekonomian Indonesia.

Dia pun menambahkan jika komitmennya dalam ketepatan waku penerbitan Persetujuan Substansi (Persub).

“Waktu penerbitan Persub ini telah diatur dalam undang-undang. Tolong kepala daerah dapat menegur kami jika dalam prosesnya, kami terlambat untuk menerbitkan Persub," pungkasnya.

Pembahasan rancangan RDTR yang menjadi fokus di antaranya RDTR Kawasan Perkotaan Hanau tahun 2022-2042, RDTR Kecamatan Pandih Batu tahun 2022-2042, RDTR Kota Palu tahun 2022-2042, RDTR Wilayah Perencanaan (WP) I Perkotaan Tambolaka tahun 2022-2042, dan RDTR Wilayah Perencanaan (WP) II Perkotaan Tambolaka tahun 2022-2042.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini