Share

Toba Surimi (CRAB) Pakai Dana IPO untuk Ekspnasi Produksi

Viola Triamanda, Okezone · Rabu 10 Agustus 2022 09:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 10 278 2645100 toba-surimi-crab-pakai-dana-ipo-untuk-ekspnasi-produksi-XeuDwJWEX0.jpg IPO Toba Surimi Industries (Foto: IDX)

JAKARTA – PT Toba Surimi Industries Tbk resmi melakukan IPO hari ini. CRAB mematok harga final penawaran saham IPO Rp150. Perusahaan dengan kode saham CRAB ini, melepas 390.000.000 lembar saham baru kepada publik atau sekitar 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Direktur Utama Perseroan Gindra Tardy mengatakan bahwa perseroan melakukan IPO dengan harga penawaran Rp150 per lembar saham sehingga dana yang akan diraih melalui IPO adalah sebesar Rp58,5 miliar.

"Dana segar ini akan digunakan untuk belanja modal Perseroan dalam rangka ekspansi kapasitas produksi dengan pengadaan 5 unit kapal laut untuk penangkapan bahan baku utama Perseroan yaitu hasil laut" jelasnya melalui pernyataan resmi yang dikutip oleh MPI, Rabu (10/8/22).

Dia menambahkan bahwa Harga IPO ini ditentukan berdasarkan beberapa faktor di antaranya kondisi pasar pada saat bookbuilding dilakukan, permintaan dari calon investor yang berkualitas, kinerja perseroan, prospek usaha, dan tentunya dengan mempertimbangkan jumlah permintaan terbanyak yang diterima oleh penjamin pelaksana emisi efek yang dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2022- 25 Juli 2022.

Menurutnya sejak pandemi, terlihat cukup banyak usaha makanan siap saji yang menjadi pilihan usaha baru. Bahkan hingga saat ini produk makanan siap saji semakin digemari karena praktis. Beberapa lauk bahkan hanya memerlukan waktu 3-5 menit untuk memanaskan, dan langsung siap santap.

"Hasil dari bookbuilding sangat mengesankan dan di luar ekspektasi awal kami, minat investor tetap tinggi untuk menyerap saham Perseroan. Investor melihat prospek cerah di dalam bisnis makanan kaleng kami ke depannya. Makanan siap saji adalah makanan dan/atau minuman yang sudah diolah dan siap untuk langsung disajikan di tempat usaha atau di luar tempat usaha atas dasar pesanan" jelasnya.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

Saat ini Perseroan sedang dalam proses untuk melakukan ekspansi pangsa pasar termasuk namun tidak terbatas pada negara China.

Langkah yang kami lakukan untuk memperluas pangsa pasar dan sebagai salah satu cara pembuktian eksistensi kepada pelanggan tetap adalah dengan mengikuti pameran seafood berskala internasional yang telah dan akan diikuti Perseroan seperti Seafood Expo North America (SENA) di Boston, USA dari 13 – 15 Maret, 2022 SEG/SEAFOOD EXPO GLOBAL dari 26 – 28 April 2022 di Barcelona, Spain. National Restaurant Association Show - dari 21-24 Mei 2022 di Chicago, Illinois.

Kemudian Thaifex dari 24 – 28 Mei 2022 di Bangkok, Thailand. Food Hotel Asia dari 05 - 08 Sept 2022 di Singapore Sial Fair dari 15 - 19 Oktober 2022 di Paris.

"Untuk ke depannya Perseroan juga akan melakukan ekspansi termasuk pada penambahan lini bisnis dan penambahan kapasitas produksi yang membutuhkan banyak modal kerja yang akan digunakan untuk pembelian bahan baku dan bahan penunjang, gaji dan tunjangan, serta biaya operasional lainnya.” jelasnya.

Perseroan berkeyakinan bahwa saham Perseroan akan terserap dengan baik didukung oleh strategi dan prospek usaha Perseroan yang akan meningkatkan pendapatan. Saat ini pula, dalam kondisi pandemic COVID-19, makanan olahan pangan hasil laut tetap menjadi kebutuhan utama di seluruh kalangan masyarakat. Perseroan meyakini rencana untuk melakukan Penawaran Umum Perdana saham akan diterima dengan baik sebagai brand yang dikenal di kalangan masyarakat.

Setelah dana segar diperoleh dari penawaran umum maka Perseroan dapat memiliki kapal dan nelayan sendiri, tentunya Perseroan lebih bisa menjaga dan memperhatikan kualitas dan mutu dari bahan baku utama Perseroan. Dalam industri seafood kalengan ini tentunya kualitas dan mutu bahan baku sangat diperhatikan karena akan menjadi penentu dari kualitas produk hasil akhir yang dijual.

Perseroan senantiasa melakukan upaya untuk melakukan inovasi produk – produk baru dan lini bisnis baru, sehingga Perseroan dapat mempertahankan dan memperluas lagi pangsa pasar Perseroan dan mempertahankan kualitas produk Perseroan agar tetap menjadi pioneer di bidang usahanya.

Perseroan saat ini sedang mencari lokasi dan SDM. Perseroan berencana dalam 3 tahun kedepan, jika harga dan waktu sudah sesuai, maka tidak menutup kemungkinan Perseroan akan menambah pabrik baru / akuisisi perusahaan baru.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini