Share

55 Hari Kerja Jadi Mendag, Zulhas: Minyak Goreng Bisa Dikendalikan

Advenia Elisabeth, MNC Portal · Rabu 10 Agustus 2022 19:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 10 320 2645596 55-hari-kerja-jadi-mendag-zulhas-minyak-goreng-bisa-dikendalikan-cKv22GrRXW.jpeg Mendag Zulkifli Hasan (Foto: MPI)

JAKARTA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengaku senang, dalam 55 hari kerjanya bisa mengendalikan harga minyak goreng yang berbulan-bulan mengalami lonjakan.

Diketahui sebelumnya, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan resmi ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Perdagangan (Mendag) dalam reshuffle kabinet jilid III, menggantikan posisi yang sebelumnya ditempati Muhammad Lutfi. Dia ditugaskan khusus untuk mengendalikan harga minyak goreng di dalam negeri.

"Tak terasa saya sudah 55 hari menghadapi tantangan yang lumayan, terutama minyak goreng yang susah dijinakkan. Alhamdulillah sekarang sudah jinak," ujar Zulhas di Kementerian Perdagangan, Rabu (10/8/2022).

Guna memastikan harga migor turun, Mendag Zulhas intens turun ke pasar-pasar. Berdasarkan hasil pantauannya, pasar rakyat yang sudah ia datangi menunjukkan perubahan harga migor yang sudah sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET), bahkan ada yang di bawah HET.

Seperti contohnya di Pasar Jagasatru Cirebon, Jawa Barat. Minyak goreng curah ada di kisaran harga Rp 11.700-14.000/liter.

“Kami turun untuk memastikan minyak goreng hasil DMO dapat diperoleh dengan mudah dan harga terjangkau. Di Pasar Jagasatru, kami lihat minyak goreng curah sudah dijual di kisaran harga Rp 11.700-14.000 per liter,” kata Mendag.

Lainnya, di Pasar Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur, Zulhas mendapati harga minyak goreng curah sudah turun bahkan stoknya melimpah.

"Minyak goreng curah kemasan sederhana harganya sudah sesuai harga eceran tertinggi (HET) Rp14.000. Untuk stoknya terjamin. Harganya cenderung turun karena stoknya berlebih," kata dia dikutip dari keterangan resminya.

Mendag Zulhas juga menyebut, rata-rata harga minyak goreng curah di pulau Jawa dan Sumatra sudah sesuai HET Rp14.000/liter, bahkan untuk pulau jawa sudah mencapai Rp13.000/liter.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini