Share

Kuota Pertalite Bakal Ditambah 5 Juta KL, Subsidi BBM Makin Bengkak

Rizky Fauzan, MNC Portal · Jum'at 12 Agustus 2022 08:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 12 320 2646418 kuota-pertalite-bakal-ditambah-5-juta-kl-subsidi-bbm-makin-bengkak-jgEBCO24X1.jfif Kuota Pertalite Kian Menipis. (Foto: Okezone.com/Pertamina)

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana menambah kuota Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite tahun ini. Mengingat kuota Pertalite yang ditetapkan sebesar 23 juta kilo liter (KL) tidak akan mencukupi, karena tinggal 6,7 juta kl.

Komisi VII dan Kementerian ESDM pun sepakat untuk menambah alokasi kuota BBM jenis Pertalite sebesar 5 juta KL untuk tahun ini. Dengan begitu, maka kuota BBM Subsidi untuk masyarakat kurang mampu tersebut akan bertambah menjadi 28 juta KL.

Baca Juga: Kuota BBM Subsidi Tersisa 6,7 Juta Kl, Menteri ESDM: Kita Minta Masyarakat Berhemat

Namun, Menteri ESDM Arifin Tasrif belum dapat memastikan terkait kepastian penambahan kuota tersebut. Tapi yang pasti jelas pihaknya akan terus menjaga agar kebutuhan masyarakat akan BBM terpenuhi.

"Angka awalnya kan 23 juta KL lalu kita perkirakan tadinya 10% jadi 25 koma berapa. Tapi kalau misalnya ada migrasi orang memakai Pertalite dari Pertamax gitu kan ini jadi mengakibatkan adanya ketidakseimbangan nah itu yang kita imbau untuk supaya masyarakat (bijak menggunakan BBM)," kata Arifin saat ditemui di Gedung Kementerian ESDM, Kamis (11/8/2022).

Baca Juga: Daftar Harga BBM Termahal di Dunia, Seliter Sampai Rp44 Ribu

Dia mengatakan, di tengah kenaikan harga BBM yang cukup tinggi dan melonjaknya permintaan akan BBM di masyarakat, pemerintah harus tetap menjaga dari sisi kestabilan. Pasalnya, anggaran yang dimiliki pemerintah saat ini cukup terbatas.

Oleh sebab itu, Dia meminta kerja sama semua pihak termasuk masyarakat luas dalam kondisi saat ini.

"Kita punya anggaran kekuatan (terbatas) sehingga memberikan beban tambahan yang terlalu berlebihan. Karena kan sekarang pertumbuhan kita 5,44%. Nah kita berharap tahun ini kita bisa mempertahankan itu," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini