Share

2 Tantangan RI Menuju Ekonomi Digital Terbesar di Asean

Viola Triamanda, Okezone · Jum'at 12 Agustus 2022 11:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 12 320 2646555 2-tantangan-ri-menuju-ekonomi-digital-terbesar-di-asean-dYFy53aVup.png Tantangan Ekonomi Digital Indonesia. (Foto: okezone.com/Freepik)

JAKARTA - Pertumbuhan digital di Indonesia melaju pesat. Hal tersebut didukung adanya peralihan kegiatan menjadi online saat pandemi Covid-19.

"Ekosistem digital Tanah Air kian terbentuk dan juga pemanfaatannya juga semakin meluas karena kita harus melakukan banyak hal melalui online," ujar - Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi di Market Review IDX Channel di Jakarta, Jumat (12/8/22).

Baca Juga: Transformasi Digital Bahaya dan Resiko, Perlu Payung Hukum Perlindungan Konsumen

Dirinya pun memprediksi perihal Indonesia akan menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

Namun dalam menuju target tersebut, Indonesia masih dihadapkan dengan berbagai tantangan. Lebih lanjut, Heru menjelaskan bahwa terdapat dua tantangan yang sangat krusial yakni literasi masyarakat dan juga keamanan cyber.

Baca Juga: Menko Airlangga: Kemajuan Digitalisasi RI Sudah Diakui Dunia

Semakin berkembanganya digital ternyata juga menghadirkan kesempatan besar bagi para penjahat. Pasalnya pintu-pintu kejahatan semakin meningkat dan terbuka dari berbagai sisi.

"Tentu kita harus membangun keamanan cyber untuk memberantas kejahatan yang semakin marak," ajaknya.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

Begitupun literasi, hal ini sejalan juga dengan keamanan cyber. Jika literasi sudah mumpuni tentu peluang masyarakat untuk ditipu akan semakin tipis.

"Namun di Indonesia itu masyarakatnya beragam, ada masyarakat kota dan desa. Pendidikan mereka pun beragam, ada kesulitannya di sini," jelasnya.

Namun menanggapi hal tersebut, Heru menyebutkan bahwa berbagai tantangan ini adalah tugas semua pihak agar Indonesia mampun mencapai tujuannya dalam mengembangkan ekosistem digital.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini