Share

Tenang! Harga Mi Tidak Bakal Naik 3 Kali Lipat, Ini 3 Sumber Gandum yang Bisa Diimpor

Michelle Natalia, Sindonews · Senin 15 Agustus 2022 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 15 320 2647999 tenang-harga-mi-tidak-bakal-naik-3-kali-lipat-ini-3-sumber-gandum-yang-bisa-diimpor-tEyGEujKaf.JPG Ilustrasi mi instan. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) buka suara soal isu kenaikan harga mi instan tiga kali lipat.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Setianto mengakui bahwa kini masyarakat resah dengan adanya gangguan rantai pasok bahan pangan khususnya gandum di tengah gejolak geopolitik Rusia-Ukraina.

Dia pun menyebut bahwa impor biji gandum dan meslin Indonesia tersebar di delapan negara, yaitu Australia, Argentina, Kanada, India, Brazil, Amerika Serikat (AS), Moldova, dan Ukraina.

 BACA JUGA:BPS Umumkan Indeks Perilaku Anti Korupsi Indonesia Naik Jadi 3,93 di 2022

Ada tiga negara yang share-nya terbesar di periode Januari-Juli 2022, antara lain Australia, Argentina, dan Kanada.

"Jadi, ketiga negara ini merupakan sumber impor biji gandum dan meslin terbesar untuk Indonesia. Kemudian, impor biji gandum dan meslin yang secara konsisten adalah India meski share-nya masih kecil," ungkap Setianto dalam rilis BPS di Jakarta, Senin(15/8/2022).

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Dari daftar 8 negara tersebut, ada 5 negara yang memang tidak secara konsisten menjadi sumber impor biji gandum dan meslin, termasuk diantaranya Ukraina.

"Masih ada beberapa negara lain penghasil gandum yang mungkin bisa dijadikan sumber impor kita untuk gandum dan meslin," pungkasnya.

Sebelumnya, kabar kenaikan mi ini datang dari Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

Dia mengatakan kalau harga mi instan bakal naik hingga tiga kali lipat menyusul melonjaknya harga gandum akibat perang Rusia-Ukraina.

"Jadi hati-hati yang makan mi banyak dari gandum besok harga (naik) tiga kali lipat itu," ucapnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini